Hari Kesehatan Sedunia, World Health Day 2008

Oleh Andi Gunawan

Setiap tanggal 7 April diperingati sebagai HUT (Hari Ulang Tahun) WHO (World Health Organization) sekaligus sebagai Hari Kesehatan Sedunia. Tema Hari Kesehatan Dunia tahun 2008 adalah Protecting Health from Climate Change (Melindungi Kesehatan dari Perubahan Iklim).

Adapun tema-tema Hari Kesehatan Sedunia sebelumnya yang saya kutip dari situs WHO adalah sebagai berikut :

Tema tahun 2007 : International Health Security

Tema tahun 2006 : Health Workforce

Tema tahun 2005 : Healthy Mothers and Cchildren

Tema tahun 2004 : Road Safety

Tema tahun 2003 : Health, the Environment and Our Children

Tema tahun 2002 : The Importance of Fitness and a Healthy Lifestyle.

Tema tahun 2001 : Mental Health : Stop Exclusion, Dare to Care

Perubahan iklim memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk diantaranya kesehatan. Perubahan iklim akan berdampak terhadap pilar-pilar kesehatan mendasar yaitu makanan, udara dan air. Yang mengkhawatirkan, resiko kesehatan akibat perubahan iklim tersebut bersifat global dan sulit dipulihkan.

Dewasa ini, semakin sering disaksikan di mana-mana, perubahan cuaca ekstrim menimbulkan berbagai fenomena alam yang frekwensi terjadinya kian kerap, seperti badai, gelombang panas, kekeringan dan banjir.

Berkaitan dengan pemanasan global (global warming), IPCC (International Panel on Climate Change), memperkirakan pada tahun 2100 temperature global akan naik 1,8-4 derajat celcius, ini dapat mengakibatkan naiknya permukaan air laut sehingga dapat menenggelamkan pulau-pulau kecil dan pantai.

Pemanasan global juga telah meningkatkan factor resiko dan penyakit yang mengancam kesehatan manusia secara global, diantaranya malnutrisi (mengakibatkan kematian 3,7 juta jiwa per tahun secara global), diare (1,9 juta jiwa), dan malaria (0,9 juta jiwa). Suhu yang lebih panas juga berpengaruh pada produksi makanan, ketersediaan air dan penyebaran vector penyakit.

Isu perubahan iklim secara global harus dijadikan sebagai momentum yang tepat bagi seluruh umat manusia untuk bersama-sama mengadapi dampak buruk yang diakibatkannya, terutama bidang kesehatan.

Pada pertemuan kesehatan dunia ke-60 pada bulan Mei 2007, Negara-negara angggota WHO mendiskusikan upaya perlindungan kesehatan dari perubahan iklim. WHO menekankan pentingnya system kesehatan yang kuat sebagai bentuk pertahananan terdepan terhadap dampak perubahan iklim pada kesejahteraan manusia. WHO menghimbau Negara anggota, individu, kelompok masyarakat dan perusahaan untuk melakukan perubahan kebijakan sekaligus memberikan kesehatan secara langsung. Selain itu WHO juga menekankan perlunya memperkuat kemampuan pengujian, penelitian dan komunikasi tentang resiko kesehatan yang sensitive terhadap perubahan iklim

Mengingat dampaknya, masalah perubahan iklim adalah masalah kita bersama, perubahan tersebut mau tidak mau menuntut kita mengubah pola hidup dengan lebih memperhatikan kondisi lingkungan. Jika tidak kita sendiri yang akan menanggung akibatnya.

Oleh karena itu gaya hidup masyarakat sudah seharusnya diubah dari mengabaikan lingkungan menjadi pro lingkungan serta membudayakan hidup sehat dalam menghadapi dan melindungi kesehatan dari dampak negative perubahan iklim.

Data : dari berbagai sumber.

About these ads

2 Balasan ke Hari Kesehatan Sedunia, World Health Day 2008

  1. rita mengatakan:

    Terima kasih sebelumnya kalau bisa dimuatkan juga tiap tahunnya data tentang penyakit untuk seluruh indonesia, dan per peropinsi dan datanya selalu ada tiap tahunnya. terima kasih

  2. ahmad jazuli mengatakan:

    uuuyug parah

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: