Hari Buku Sedunia, World Book Day 2008

Oleh Andi Gunawan

Hari Buku Sedunia diperingati setiap tanggal 23 April, tanggal tersebut merupakan tanggal wafatnya penulis William Shakespeare and Miguel de Cervantes yaitu pada tahun 1616. Tanggal 23 April juga sebagai tanggal lahir William Shakespeare pada tahun 1564. Unesco menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Buku Sedunia sebagai bentuk penghormatan bagi kedua tokoh tersebut yang dikategorikan sebagai penulis dunia yang berjasa dibidangnya.

Buku merupakan hal penting bagi kita, dengan buku kita bisa mempelajari banyak hal yang tidak kita ketahui sebelumnya. Buku memberikan pencerahan bagi siapa saja yang dapat mengeksplorasinya dengan baik sekaligus menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dunia begitu luas dan kita dapat menikmatinya lewat buku, oleh karena itu buku sering dikatakan sebagai jendela dunia.

Sejarah manusia yang dituliskan kedalam buku sangat bermanfaat bagi kita, isinya merupakan pelajaran tentang kehidupan yang berguna pada masa kini. Sejarah yang ditulis bisa menjadi rahmat bagi kita, artinya suatu peristiwa yang baik dalam sejarah harus kita ikuti, sebaliknya peristiwa yang buruk harus kita hindari. Oleh karenanya kita akan menjadi celaka bila tidak memahami rambu-rambu yang ada dalam perjalanan sejarah untuk dijadikan pelajaran pada sekarang ini.

Karya-karya tulis terbaik dunia, bisa kita nikmati lewat buku dan kita mendapat pencerahan karena isinya bermutu. Bahan kitab-kitab suci pun yang tadinya berupa suhuf-suhuf atau lembaran yang disucikan yang terserak pada daun lontar akhirnya bisa kita baca dalam bentuk buku.

Pada era teknologi canggih, buku dikemas dalam bentuk file yang dapat dibaca melalui layar monitor atau alat khusus untuk buku digital. Buku digital lebih dikenal dengan e-Book, dapat dibeli melalui internet atau dibaca melalui berbagai macam situs. Buku digital yang dapat dibaca melalui internet telah menjadi gaya hidup manusia modern, akankah gaya hidup ini dapat menggantikan buku yang dicetak di atas kertas???

Peringatan Hari Buku Sedunia 2008, diadakan ditiap negara dengan berbagai macam kegiatan, Anda bisa lihat pada situs-situs ini : http://www.nlsa.ac.za/NLSA/centreforthebook/projects/wbd, http://www.worldbookday.com/, http://portal.unesco.org/culture/en/ev.php-URL_ID=5125&URL_DO=DO_TOPIC&URL_SECTION=201.html , http://portal.unesco.org/culture/en/ev.php-URL_ID=34603&URL_DO=DO_TOPIC&URL_SECTION=201.html

Di Indonesia peringatan Hari Buku Sedunia 2008, salah satunya diadakan di Jakarta, dengan tema “Literasi mengubah Kehidupan” dengan menggelar pameran buku, peluncuran buku dan sebagainya. Kegiatan in bertempat di di Museum Bank Mandiri Jl. Lapangan Stasiun No. 1 Jakarta Barat 1110 (Depan Stasiun Bus Transjakarta Kota). Lokasi stand blogfam berada di stand no.27 Hall A. Adapun pelaksanaanya mulai tanggal 23 s/d 27 April 2008 buka mulai pukul 10.00-19.00 WIB.

Pada acara tersebut, komunitas blogger yang menamakan dirinya BLOGFAM akan meramaikannya dengan membuka stand dan peluncuran buku. Untuk para blogger, kegiatan ini merupakan kesempatan untuk kopi darat yang selama ini hanya bertemu di dunia maya.

Kita harapkan dengan adanya Hari Buku Sedunia 2008 dapat Membangun Budaya Membaca dan Menulis di Indonesia sekaligus meningkatkan minat baca bangsa Indonesia khususnya anak-anak.

About these ads

30 Balasan ke Hari Buku Sedunia, World Book Day 2008

  1. infogue mengatakan:

    > Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    > http://www.infogue.com

  2. piska mengatakan:

    Happy WORLD BOOK DAY…
    i love books

  3. Bagindo mengatakan:

    untung saya baca blog ini. kalau tidak malulah saya karena gak tau kapan hari buku sedunia, padahal saya mengaku sebagai penggemar buku.

  4. [...] baru tahu hari ini kalo hari ini hari buku sendunia. Itu juga karena gw blogwalking nyasar ke [blog ini]. Sebagai orang yang mengaku senang baca buku, gw malu sangat. Lebih lanjut tentang sejarah hari [...]

  5. irrrr mengatakan:

    selamat hari buku.
    minta ijin untuk me link postingan ini di blog saya :)

  6. [...] info mengenai hari buku, sejarahnya, dll dapat diliat di blog yang satu ini. [...]

  7. muziqcantiq mengatakan:

    Buku adalah jendela dunia, makaci yach boeat infonya ;)

  8. Andi Gunawan mengatakan:

    @piska
    Yes, I Love books too,
    @Bagindo
    Saya juga penggemarbuku. Hobi saya membaca buku, juga senang menulis artikel, niatnya sich artikel saya mau dijadikan sebuah buku, doa-in azha yaa.. hehe…
    @morishige – aku dan buku-ku
    Itulah gunanya blog walking, terkadang kita mendapat informasi yang tidak terduga yang kita butuhkan
    @irrrr
    boleh
    @muziqcantik
    terima kasih telah berkunjung, jangan sungkan
    @ressay
    terima kasih sudah memberi info tentang suara buku suara perubahan

  9. salmanfaris mengatakan:

    wah2 makasih bung andi, acara ini sangat menarik bagi saya… apalagi disaat kebanyakan orang yang memebutuhkan perhatian acara ini sangat dinantikan… kunjungi http://www.blogfam.com untuk bergabung anda diharuskan mempunyai blog yang aktif

  10. nindityo mengatakan:

    wah ketinggalan berita.. malah mikirin anak mo pake baju apa.
    banyak hal yang bisa didapat dari sebuah buku dan banyak kesempatan yang hilang dari orang yang tidak membaca sebuah buku.
    terimakasih dah berbagi info mas..
    eh, bolehkah membaca sebuah blog dianggap membaca sebuah buku ?
    ato blogroll merupakan daftar buku yang kita punya?

  11. Asih Evan mengatakan:

    Sebagai Librarian, aku juga merasa wajib mensosialisasikan Hari Buku ini. Izin link ke Blog ku ya Pak. Tq

  12. zizaw mengatakan:

    wah saya malah ga tahu…. selamat hari bku

  13. alid abdul mengatakan:

    Malu aku. Masak saya sbg pnggemar buku kagak tau.

  14. syahrizal pulungan mengatakan:

    wah…udah ketinggalan nih mudah mudahan tahun depan hari buku kita meriahkan tentunya sama sama menyumbang buku ke perpustakaan ditempat kita insya Allah

  15. yanti mengatakan:

    Ya… udah kelewatan ya….
    Pamerannya si saya tahu… tapi gak tahu kalau itu hari buku….

  16. qflee mengatakan:

    Kenapa yah orang-orang pintar kita jarang terbitkan buku-buku bagus, yang ada paling tips atau trik cepat jadi kaya doang, kacian de lu..
    http://qflee.wordpress.com

  17. dedsatria mengatakan:

    Wahhh… kok nggak ada informasi di media? Aneh kan…?

  18. harie insani putra mengatakan:

    kalo ada hari buku sedunia, lantas apakah ada hari membaca sedunia? salam…

  19. transmorfosis mengatakan:

    href=”http://www.transmorfosis.blogspot.com/”>lha kok aku baru tahu yach kalo ada hari buku sedunia. tak kirain hanya ada hari ibu ma yang laen-laen aja, makasih ya infonya :D/a>

  20. marsadanauli mengatakan:

    baca buku yokkkkk… http://marsadanauli.wordpress.com

  21. bambang1973 mengatakan:

    Memang buku itu sangat penting, apalagi untuk meningkatkan pendidikan dimana pun kita berada….tetapi harganya itu loohhhh……LUUAAAR BIASA…………MAHAL!!!
    Boleh ‘gak saya juga me-link ke blog saya?

  22. bambang1973 mengatakan:

    Memang buku itu sangat penting, apalagi untuk meningkatkan pendidikan dimana pun kita berada….tetapi harganya itu loohhhh……LUUAAAR BIASA…………MAHAL!!!
    Boleh ‘gak, link ke blog saya?
    teimakasih

  23. petak mengatakan:

    Kirain dari dulu hari buku tanggal 17 mei,,
    Baru tahu..

  24. sufimuda mengatakan:

    info bagus

  25. SUYANTO mengatakan:

    Ingat lagi bahwa wahyu pertama kali Nabi Muhammad SAW adalah bacalah dan bacalah, (artinya kalau ingin pintar dunia akherat harus belajar terus, (sejak lahir sampai ajal menjemput)

  26. versa mengatakan:

    sebetulnya hari buku sedunia itu tanggal 23 Maret atau 23 April? soalnya dibeberapa situs menuliskan hari buku sedunia itu tanggal 23 maret?

  27. anis mengatakan:

    anak-anak KB_TKIT Al Ummah suka meminjam buku, tapi koleksi kami masih terbatas, meski menurut ukuran di daerah kami perpus kami cukup lengkap. ada info buat kami donatur buku ??? siapa tahu ada donatur yang kesulitan menyalurkan bukunya… he..

  28. hendra mengatakan:

    semoga harga buku juga ikutan turun harganya.jangan sampai hari buku sedunia gak ada yang bisa beli buku baru karena harga yang makin naik

  29. [...] sumber (dengan beberapa perubahan) [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: