Pengusaha atau Pekerja ???

Sekolah-sekolah dan Perguruan Tinggi di Inonesia lebih banyak mengarahkan atau menjadikan peserta didiknya untuk menjadi pekerja bukan seorang entreupeuner atau wira usaha (pengusaha).  Apa buktinya, sekolah secara institusi maupun pendidik masih banyak memunculkan ungkapan “bagaimana kamu nanti bekerja” atau “siap mencetak tenaga kerja yang handal” dan sebagainya, bukti lainnya adalah masih banyak warga yang menganggur, atau tidak berpotensi untuk bisa menjadi wira usaha/pengusaha, yang justru akan menciptakan lapangan kerja. Ini Ironis sekali dengan potensi sumber daya alam Indonesia yang sangat melimpah. Artinya sumber daya alam tersebut tidak mampu di kelola untuk kesejahteraan dirinya dan bangsanya.

Suatu contoh kongkrit adalah tanah Indonesia yang sangat subur dan laut yang luas, jika kita serius mau menanam pasti memetik hasil, dengan kualitas baik hasilnya bisa diekspor. jika mau serius usaha di laut pasti memperoleh  ikan atau hasil laut lainnya. jika kualitasnya baik tentu bisa diekspor juga.

Bagaimana agar peserta didik nantinya menjadi seorang entreupeuner atau pengusaha, tentu saja harus diajarkan tentang entreupeuner/wira usaha sejak dini dan jangan lupa harus langsung praktek (ini pun harus dalam rangka pendidikan). misalnya anak SD di desa-desa diajarkan mulai dari menanam tanaman sampai menjual hasil panen.  Anak-anak SD dikota membuat barang-barang  hasil keterampilan tangannya yang dapat dijual pada pameran sekolah. Hasil dari menanam sayuran atau hasil keterampilan tersebut bisa digunakan untuk keperluan sekolahnya.

Dengan adanya pendidikan entrupeuner sejak dini diharapkan agar peserta didik siap memasuki dunia usaha baik tingkat lokal maupun global dan mampu menciptakan lapangan kerja kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: