Kapitalis berjiwa Sosialis

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bentuk tanggung-jawab atau kepedulian sosial perusahaan terhadap masyarakat atau publik. Bagi banyak perusahaan CSR dianggap kurang menguntungkan karena dapat menurunkan laba perusahaan sehingga menurut sebagian pengamat dapat berpengaruh terhadap iklim investasi. Alasan lain bahwa perusahaan sudah memiliki kewajiban-kewajiban yang ditunaikan setiap tahun misalnya pajak, jadi CSR dianggap beban oleh perusahaan.  

Pendapat-pendapat yang tidak setuju dengan adanya CSR, sebenarnya tidak memahami betul kondisi yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia secara umum, yang ada di benaknya bagaimana perusahaan-perusahaan mencetak untung sebesar-besarnya. Padahal kita pahami bahwa kondisi Indonesia hari ini masih butuh bantuan dan dukungan untuk menuju pada kemandirian dan kemajuan dalam berbangsa dan bernegara. 

Oleh karena itu setiap perusahaan yang beroperasi di Indonesia seharusnya menyadari bahwa perusahaan yang bersifat kapitalis itu juga harus berjiwa sosialis. Ingat bahwa dalam ajaran agama pun bahwa harta yang kita miliki sebagiannya adalah milik kaum dhuafa dan tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah, mengasihi dan menyayangi sesama umat manusia diajarkan semua agama itu pun bisa menjadi dasar adanya CSR. Lantas kenapa mesti ditolak atau keberatan ..?? Jadi, Ayo Bangkit Indonesia …!!! 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: