PKBM

PKBM singkatan dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarkat merupakan sarana pembelajaran non formal bagi masyarakat baik mengentaskan buta aksara, buta pengetahuan dasar, maupun dalam rangka meningkatkan potensi warga sesuai bidangnya.

Pengentasan buta aksara hal yang sangat mendesak, karena dengan melek hurup dapat membuka wawasan seseorang tentang dunia yang dihadapinya dan mendapat ilmu pengetahuan yang dapat mengatasi persoalan hidupnya dengan rasional.

Pengentasan buta aksara dan buta pengetahuan dasar akan meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Indonesia, dengan meningkatnya IPM tentu akan meningkatkan harkat martabat bangsa Indonesia.

Jika PKBM berada di desa-desa maka hal yang diajarkan titik beratnya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa dengan memberdayakan potensi lokal yang ada di desa tersebut sedangkan PKBM dikota hal yang diajarkan untuk meningkatkan kesejahteraan juga bagaimana mengatasi persoalan yang kompleks di kota, seperti mengatas persoalan lingkungan, sampah, mengatasi banjir dan sebagainya.

Karena pentingnya PKBM, yang langsung bersinggungan dengan masyarakat tentu harus mendapat perhatian serius baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Selain itu peran serta masyarakat diharapkan untuk mendukung program PKBM tersebut, baik dengan dukungan dana maupun berpartisipasi dalam pengajarannya.

Perusahan-perusahan swasta dan BUMN melalui corporate social responsibility-nya tentu dapat membangun PKBM di lingkungan sekitar perusahaannya, bisa dibayangkan ada berapa puluh ribu perusahaan yang ada di Indonesia … sejumlah itu pula PKBM yang akan berdiri, pada gilirannya berjuta-juta warga negara yang bebas dari buta aksara dan pengetahuan dasar, IPM Indonesia meningkat dengan cepat dan Indonesia menjadi contoh keberhasilan IPM-nya. Jadi Ayo Bangkit Indonesia …!!!

Satu Balasan ke PKBM

  1. rhea mengatakan:

    saya sedang melakukan penelitian dengan masyarakat buta aksara sebagai objek penelitian. mohon bantuan dan saran untuk PKBM mana yang paling terorganisir dan apa yang harus saya lakukan saat akan melakukan FGD. terimakasih

    salam,
    rhea

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: