Komponen Cadangan Bukan Militerisme

Benarkah komponen cadangan menjerumuskan negara kepada militerisme ??? Ataukah orang yang berpendapat seperti itu hanya phobi terhadap militer ???

Komponen cadangan atau wajib militer atau usaha bela negara merupakan salah satu usaha pemerintah dalam penegakan kedaulatan negara baik dalam maupun  keluar. Penegakan kedaulatan ke dalam maksudnya adalah bahwa setiap warga negara mematuhi setiap peraturan yang dikeluarkan negara (pemerintahan) untuk melaksanakan cita-cita dan tujuan negara. Sedangkan keluar maksudnya komponen cadangan akan dilibatkan manakala negara dalam keadaan terancam, bahaya atau mendapat serangan dari negara lain, bukankah sudah menjadi kewajiban bagi warga negara untuk membela negaranya.

Ada pendapat yang mengemukakan bahwa adanya komponen cadangan sebagai bentuk kembalinya militerisme di Indonesia, pendapat ini tentu sangat tendensius dan phobi terhadap militer, padahal dalam prakteknya Indonesia telah menjadi negara demokrasi dimana sipil berkuasa sesuai undang-undang dan militer bertugas mempertahankan negara (militer sudah kembali ke barak).

Pada era reformasi , rakyat  seperti tidak mempunyai arah dan tujuan yang jelas,  seakan-akan rakyat tidak mempunyai pegangan dan pandangan hidup dalam berbangasa dan bernegara, akibatnya setiap individu atau golongan lebih mementingkan dirinya dan golonganya  daripada kepentingan bangsa dan negara, rakyat mudah dihasut dan diadu domba yang mengarah kepada konflik antar etnis maupun dengan negara, rakyat tidak memahami arti bernegara, kurang disiplin dalam mematuhi aturan dan hukum,  melakukan kriminal untuk memenuhi kebutuhan jasmaninya, main hakim sendiri dan sebagainya.

Solusi dari dari hal-hal diatas, salah satunya dengan adanya komponen cadangan atau wajib militer atau usaha bela negara, sebab dengan adanya program tersebut setiap warga negara diharapkan menjadi lebih berdisiplin, memahami arti bernegara, mampu meredam konflik karena integritasnya kepada negara tinggi, cinta tanah air dan bangsa.

Dengan kondisi masyarakat yang mampu berdisiplin (inilah ciri militer) di berbagai bidang kehidupan, diharapkan cita-cita dan tujuan negara akan cepat terwujud, Indonesia akan menjadi negara maju dan bermartabat di lingkungan antar bangsa.

K omponen cadangan bukan pemicu kembalinya militerisme tapi pemicu kemajuan negara, jadi Ayo Bangkit Indonesia …!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: