Perjuangan Menkes di Forum Internasional (1)

“Ternyata kapitalisme tidak saja mengeksplorasi kekayaan alam negara sedang berkembang, tetapi juga mengeksploitasi kekayaan tubuh manusia dari bangsa-bangsa yang tidak berdaya. Mereka mengambil darah kita, mereka mengambil sel-sel tubuh kita, dan mengambil antibodi kita. Yang paling berbahaya, mereka telah mengambil sel-sel otak kita untuk direkayasa dengan cara berpikir mereka sehingga kita nurut saja apa saja perintahnya,” kata Menkes

Itulah salah satu petikan dari Ibu Menkes Siti Fadilah Supari pada Harian Kompas, 30 Nov 2007, ketika berpidato pada sidang Inter-Govermental Meeting on Pandemic Influenza Preparedness atau IGM-PIP yang berlangsung 20-23 November 2007

Betapa perkasanya ucapan diatas yang diucapakan diforum yang dihadiri juga oleh negara-negara kapitalis padahal hampir saja Ibu Menkes tidak diberi kesempatan karena terlambat menghadiri sidang. Lho, kenapa terlambat Bu Mentri, ini dia petikannya dari Kompas …

Bandara Cointrin, Geneva, Swiss, 20 November 2007. Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari baru tiba pagi itu di Geneva pukul 09.30. Padahal, pukul 10.00 Menkes harus berpidato pada sidang Inter-Govermental Meeting on Pandemic Influenza Preparedness atau IGM-PIP yang berlangsung 20-23 November 2007. Hanya tinggal tersisa waktu 30 menit.

Seharusnya Menkes sudah tiba di Geneva tanggal 19 November 2007 pukul 19.00 dengan pesawat British Airways dari Teheran, Iran, tetapi penerbangan tersebut tertunda. Maka, Menkes pun terbang ke Geneva dengan menumpang pesawat Lufthansa sehingga harus transit dulu ke Frankfurt, Jerman, baru ke Geneva.

Tanpa mandi dan hanya berganti baju, Menkes segera bergegas ke Palais des nation untuk bergabung dengan delegasi Indonesia. Sidang yang dilakukan di salle XVII itu sudah dimulai 10 menit sebelumnya. Penetapan pimpinan sidang (chairman) dan co chairman serta agenda sidang sudah mulai dan diketok palu, artinya Menkes tidak mendapat kuota waktu untuk bicara dengan alasan delegasi Indonesia belum sempat bicara secara formal dengan Jane Halton, pimpinan sidang.

“Delegasi kita mengerti dari wajah saya yang mungkin agak marah/kecewa. Lalu kami langsung intervensi sidang dengan mengangkat flag Indonesia. Kami ingin menyampaikan mengapa kami ada di sini,” papar Menkes Siti Fadilah.

Wah hebatnya Bu Menkes ini, kalau nggak ngotot mana mungkin bisa tampil di forum Internasional tersebut. Ini harus di contoh oleh menteri-menteri yang lain demi kepentingan bangsa dan negara serta memperjuangkan kesejahteraan rakyat harus tampil ngotot dan All-Out.

Apa yang disampaikan Ibu Menkes ini pun sangat berarti dan menjadi pembahasan penting dalam forum tersebut, yang mampu membuka mata negara-negara lain termasuk negara kapitalis, untuk bertidak adil, ini dia petikan berikutnya …

Saat diberi kesempatan untuk berpidato oleh Jane Halton, Menkes pun segera memaparkan pidatonya yang sangat keras mengkritik praktik neokolonialistis dalam bidang kesehatan. Ia mengkritik cara-cara Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam virus sharing (pengiriman virus dari negara yang terkena outbreak flu burung) yang tidak adil, tidak transparan, dan tak setara.

Menurut Menkes, dasar pemikiran kapitalistis mestinya tidak berlaku lagi bila dunia ini menghadapi global health security. “Ternyata kapitalisme tidak saja mengeksplorasi kekayaan alam negara sedang berkembang, tetapi juga mengeksploitasi kekayaan tubuh manusia dari bangsa-bangsa yang tidak berdaya. Mereka mengambil darah kita, mereka mengambil sel-sel tubuh kita, dan mengambil antibodi kita. Yang paling berbahaya, mereka telah mengambil sel-sel otak kita untuk direkayasa dengan cara berpikir mereka sehingga kita nurut saja apa saja perintahnya,” kata Menkes.

Baca Juga :
Menkes RI Mendapat Tekanan dari Negara Barat dan WHO
Perjuangan Menkes Pada Forum Internasional II

Satu Balasan ke Perjuangan Menkes di Forum Internasional (1)

  1. OpiliJara mengatakan:

    emm.. nice post

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: