SEA Games Yang Mendebarkan

Perhelatan olah raga se-Asia Tenggara ini bagi saya cukup mendebarkan, khawatir Indonesia lebih terpuruk dari SEA Games sebelumnya (no. 5). Kenapa mesti berdebar???

Olah raga bisa dijadikan parameter kualitas suatu bangsa atau kemajuan suatu negara. Perolehan medali untuk Indonesia menjadi kebanggaan tersendiri bagi atlet atau warganya, terlebih yang diperoleh adalah medali emas, ini berarti akan berkumandangnya lagu kebangsaan Indonesia Raya di even tersebut. Dengan berkumandangya lagu Indonesia Raya tentu dapat meningkatkan rasa nasionalisme yang tinggi bagi bangsa Indonesia, yang euphiria-nya bisa dirasakan saat penyerahaan medali. Apalagi jika Indonesia menjadi juara umum sekaligus mampu memecahkan rekor di banyak cabang olahraga, sesuatu yang mengagumkan, sehingga Indonesia disegani oleh negara-negara lain minimal di Asia Tenggara.

Sebaliknya, jika terjadi krisis medali maka kesedihan mendalamlah yang akan di peroleh, lagu kebangsaanpun jadi jarang terdengar, alih-alih menjadi juara umum no urut perolehan medalipun bisa jadi melorot dibanding SEA Games sebelumnya. Efek secara psikologis pun muncul seperti apatisnya warga terhadap even olahraga atau even apapun yang diikuti oleh Indonesia. Jangan-jangan Indonesia akan berjaya kalau olah raganya seperti lomba balap karung, makan kerupuk, panjat pinang atau lari bawa klereng di sendok makan. Ah, sudahilah kekonyolan ini, ayo benahi olahraga di Indonesia, bangunlah dari tidur panjangmu ingat potensi penduduk Inonesia 220 juta. Ayo Bangkiiiitt ….!!!!!

Satu Balasan ke SEA Games Yang Mendebarkan

  1. Rendy mengatakan:

    okkkkkkkkkeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee
    majuuuuuuuuuuuuuu terusssssssssssssss!!!!!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: