Tekonologi Itu Sangat Penting Untuk Indonesia

 Teknologi hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia, barangkali pernyaatan ini seperti ketinggalan jaman, namun akan menemukan momentumnya jika sesorang atau suatu masyarakat menjadi gaptek alias gagap teknologi. maka suatu barang dengan muatan teknologi canggih pun menjadi tidak berguna. 

Teknologi  sangat membantu manusia dalam banyak hal, pemanfaatannya tergantung manusia, bisa digunakan untuk kebaikan atau kejahatan. Bila digunakan oleh manusia yang berniat jahat maka teknologi bisa sangat merusak sebaliknya bila teknologi digunakan oleh orang yang berniat baik maka teknologi mempunyai kemaslahatan bagi umat manusia dan alam ini.  

Penggunaan teknologi yang paling diingat sepanjang sejarah manusia adalah ketika dijatuhkannya bom atom di Hirosima dan Nagasaki sekaligus menandakan berakhirnya Perang Dunia II, Jepang menyerah kalah kepada sekutu yang dimotori Amerika Serikat padahal Jepang hampir menguasai Asia. 

Pada era sebelumnya (berabad-abad yang lampau) pun penguasaan atas teknologi menyebabkan suatu negara mengalami kejayaannya ditandai dengan luasnya daerah kekuasaan dan dinikmatinya kesejahteraan yang lebih dari cukup, sebut saja negara Yunani Kuno, Kekasisaran Romawi , Mesir (Firaun), Turki Ustmani, Dinasti Abasiah dan Dinasti Ummayah di Eropa dan sebagainya. 

Sedangkan pada era modern ini pun tidaklah jauh berbeda, kita bisa lihat Amerika Serikat, beberapa Negara Eropa, Rusia dan beberapa negara Asia, memiliki kemampuan teknologi yang mumpuni.  

Amerika Serikat dengan berbagai macam penelitian dan pengembangan yang telah berlangsung lebih dari satu abad, telah memiliki kemampuan untuk mengeksplorasi ruang angkasa dan memiliki persenjataan yang hampir tidak tertandingi. Dengan kekuatan persenjataan yang hebat tersebut AS disebut negara adi daya. Demikian pula dengan Rusia yang mulai unjuk kekuatan lagi pada 2007 ini sejak Uni Sovyet runtuh, menempatkan Rusia kembali menjadi negara adi daya. 

Pengaruh teknologi terhadap  perekonomian suatu negara mempunyai dampak yang hebat, secara sederhana misalkan suatu barang dengan muatan teknologi tinggi mempunyai harga jual yang sangat mahal dibandingkan dengan raw material yang  dibeli si pemilik teknologi tersebut. Nilai tambah akan sangat berpengaruh ketika teknologi semakin canggih dan jarang. Sebagai ilustrasi, sebuah Hand Phone yang harganya jutaan, bisa jadi bahan dasarnya hanya seratus atau dua ratus ribu saja.  

Dengan demikian teknologi dapat menandakan bahwa negara itu maju atau terbelakang, jika suatu negara menguasai teknologi tinggi dan modern maka negara itu adalah negara maju, jika tidak menguasai teknologi maka negara tersebut negara terbelakang dan miskin atau bisa disebut negara yang ketergantungan akan tekonologi negara lain. 

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia dewasa ini belum memiliki kemampuan teknologi seperti negara maju, tradisi untuk meneliti berbagai hal yang menjadi cikal bakal ditemukannya  teknologi baru belum menjadi prioritas, hal ini menjadikan Indonesia hanya sebagai pengguna teknologi atau menjadi pasar atas berbagai macam produk teknologi negara lain.  

Kemampuan teknologi Indonesia dari tahun ke tahun seperti berjalan di tempat atau perkembangannya selalu berada di bawah kemampuan negara lain yang tadinya memiliki banyak persamaan dengan Indonesia misalnya dalam hal kemerdekaan atau berakhirnya kemelut dalam negeri yang sangat parah. Sebagai contoh Jepang, Korea Selatan, India, China dan Taiwan. 

Untuk meningkatkan kemampuan teknologi Indonesia, sudah saatnya pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan yang mendukung atas ditemukannya teknologi baru (melalui berbagai macam penelitian dan pengembangan) dan memanfaatkan  teknologi yang telah ada untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia 

Dengan digunakannya teknologi dalam negeri yang tidak kalah dari teknologi negara maju berarti telah menghidupkan dan meningkatkan kemampuan industri pembuat teknologi yang digunakan tersebut. Oleh karena itu peran pemerintah dan mayarakat khususnya masyarakat bisnis di Indonesia sudah seharusnya menjadi motor bangkitnya teknologi di Indonesia 

Contoh pemanfaatan teknologi dalam negeri adalah dengan dibelinya alat persenjataan utama oleh pemerintah seperti pesawat CN 235 versi militer, korvet dan sebagainya.   

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: