Kedewasaan Umat Islam dalam Ber-Hari Raya

Jangan bangga berbeda dalam melakasanakan Hari Raya, sebab berbeda dalam Hari Raya bukanlah rahmat tapi bisa jadi sebaliknya. Mengapa ??? 

Hari Raya bagi umat Islam adalah merupakaan perayaan keberhasilan (kemenangan) dari berbagai amal soleh (ibadah) yang telah dikerjakan. Hari Raya Iedul Fitri berarti umat Islam telah memenangkan perang melawan hawa nafsu dan kembali kepada fitrah Allah  atau ketentuan Allah, sehingga dikatakan manusia kembali suci. Hari Raya Idul Adha merupakan perayaan kemenangan setelah umat Islam berjuang (dengan pengorbanan besar) untuk mempersatukan umat di seluruh dunia atas dasar persamaan dalam keridhaan Allah. 

Oleh karenanya sebuah perayaan kemenangan sudah seharusnya baik dalam suatu negara ataupun suatu agama tidak boleh ada perbedaan. Sebab dengan perbedaan itu,  perayaan hari raya yang merupakan simbol kemenangan dari kemenangan yang sesungguhnya, merupakan kekalahan bagi umat Islam dalam sebuah perjuangan. Dalam sebuah perjuangan, bersatu adalah hal yang mutlak, ingat bahwa penjajahan atas negara yang berpenduduk muslim karena tidak ada persatuan sesama muslim dalam satu negara. 

Timbulnya perbedaan disebabkan umat Islam tidak mampu untuk bersepakat dalam satu keputusan, yang mencerminkan bahwa umat Islam belum bersatu, hal ini bisa dilihat dari  banyaknya perbedaan penafsiran atas suatu masalah dalam berbagai bidang kehidupan. Akibat adanya perbedaan dapat menimbulkan konflik horisontal, hal ini sangat tidak relevan dengan makna hari raya.  

Sungguh naif dan ironis bahwa umat Islam tidak mampu bersepakat atau bersatu dengan umat Islam yang lain (khususnya dalam Hari Raya). 

Akhirnya, Selamat Hari Raya Idul Adha 1428 H. 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: