Merancang Kesepakatan-kesepakatan Menuju Dunia Baru

 

Pada suatu saat nanti masyarakat dunia akan bergerak kearah kehidupan yang lebih baik bukan akibat tekanan negara adidaya (yang condong memaksakan kehendaknya) akan tetapi atas dasar kesepakatan-kesepakatan baru dari seluruh negara di dunia dan elemen masyarakat dunia, dan bukan benturan peradaban ala Samuel Huntington.

 

Kesepakatan-kesepakatan baru yang pro terhadap kesejahteraan, perdamaian dan penciptaan lingkungan yang lebih baik akan terus dibuat dan ini telah dimulai ketika Amerika Serikat menandatangani hasil COP 13 Bali sebagai langkah awal perbaikan atas lingkungan.

 

Amerika Serikat sudah waktunya untuk tidak berbuat hanya menurut kehendaknya, membuat dan menilai HAM berdasarkan versinya yang dipaksakan untuk diterapkan pada negara lain, yang lebih parah lagi AS membuat standar yang bias atau standar ganda dalam suatu kasus yang sama terhadap negara-negara yang tidak disukainya. Ini merupakan ketidak-adilan yang akut yang menimbulkan kebencian dari negara yang menjadi korban standar ganda.

 

Kebencian yang berlebihan dapat menimbulkan reaksi yang negatip terhadap AS, hal ini dapat menjerumuskan negara-negara ke dalam permusuhan, konflik dan peperangan yang tak berkesudahan. Beberapa contoh yang bisa  kita amati adalah  konflik dan peperangan di Irak, Lebanon, Afganistan, Palestina, dan beberapa negara lainnya akibat standar ganda yang diterapkan oleh AS.

 

Oleh karena itu sudah seharusnya standar ganda ala AS harus dihentikan, setiap penyelesaian masalah diantara negara-negara harus atas dasar kesetaraan dan keadilan bukan atas dasar kekuatan dan hegemoni belaka.

 

Perubahan cara berfikir dari pemerintah AS untuk dunia yang lebih damai dan bumi yang lebih hijau, mempunyai peranan yang sangat strategis, misalnya tidak menjadikan negaranya sebagai polisi dunia, mendorong negara pemilik senjata nuklir melucuti senjatanya dengan memberi contoh dengan melucuti senjata nuklir yang dimiliki AS, pengurangan emisi rumah kaca dengan meratifikasi protocol Kyoto dengan tulus dan sungguh-sungguh.

 

 

 

3 Balasan ke Merancang Kesepakatan-kesepakatan Menuju Dunia Baru

  1. Mardies mengatakan:

    Amrik nggak mungkin melepaskan sejatata nuklirnya. pasti itu

  2. Andi Gunawan mengatakan:

    Paling tidak Amerika Serikat mengurangi senjata nuklir, dan saya optimis suatu saat akan ada angin perubahan dari AS dalam memandang dunia sehingga dunia yang kita tempati dan belum ada penggantinya selamat dari ancaman senjata nuklir.

  3. […] perdamaian dunia yang abadi. Sebelum hal itu terwujud maka para pemimpin dunia harus merancang Merancang Kesepakatan-kesepakatan menuju Dunia Baru atau menuliskan kembali berbagai perjanjian dan kesepakatan yang tidak adil menjadi adil dan lebih […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: