Anak adalah Aset Masa Depan Bangsa dan Negara

Kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia bergantung pada kualitas anak-anak masa kini sebagai generasi pelanjut dalam mempertahankan keutuhan dan kedaulatan Negara dimasa hadapan, bahkan dengan kualitas itu pula anak-anak kita dapat menjadikan  Indonesia sebuah negara yang kuat, modern dan sejahtera. Menjadi negara kuat, modern dan sejahtera adalah dambaan setiap bangsa di dunia dan dapat terwujud manakala suatu bangsa mempunyai kualitas yang baik diberbagai bidang kehidupan, sehingga dapat dijadikan modal dalam persaingan antar negara bahkan memenangkan persaingan tersebut.

  Salah satu pondasi yang sangat penting untuk menjadikan Negara kuat, maju dan sejahtera adalah dengan menjadikan anak-anak sebagai asset masa depan.  Sebagai komponen kemajuan bangsa anak-anak harus kita perhatikan dengan baik mulai dari kandungan, balita (bayi lima tahun), anak usia sekolah (remaja) dan mahasiswa serta pemuda. Pada saat dalam kandungan, janin harus diberi asupan yang terbaik yaitu gizi yang seimbang untuk pertumbuhan janin dan pembentukan otak, oleh karena itu makanan bagi ibu hamil harus dikontrol dengan ketat jangan sampai masuk zat yang tidak diinginkan yang dapat merusak janin seperti minuman beralkohol atau asap rokok.  

Makanan yang baik untuk ibu hamil diantaranya adalah susu untuk ibu hamil, buah-buahan, madu, dan makanan atau minuman yang berkualitas lainnya.  Ketika dalam kandungan anak harus di doakan agar menjadi anak yang baik, cerdas, taat pada agama dan menjadi seorang pemimpin, doa ini pun sekaligus untuk menentramkan si ibu agar si ibu selalu berpikir positip, dengan tentramnya si ibu dan pikiran yang postip tentu akan mempunyai pengaruh yang baik kepada kondisi janin. 

Ketika lahir anak harus langsung diberi ASI (Air Susu Ibu), dengan cara inisiasi dini. ASI adalah asupan terbaik untuk bayi sekaligus sebagai curahan kasih saying ibu kepada anak.

ASI harus diberikan selama dua tahun, agar bayi tumbuh sehat dan mempunyai daya tahan yang baik terhadap berbagai penyakit. Usia diatas 4 bulan bayi bisa diberi makan dan minum selain ASI dengan gizi yang baik sesuai usia bayi. 

Pemberian ASI kepada bayi selama dua tahun adalah hal yang mutlak karena pada masa itu adalah masa yang sangat penting dalam pembentukan otak. Oleh karena itu bila si ibu tidak sempat menyusui karena berbagai alasan misalnya kerja maka si bayi dapat disusukan kepada ibu yang lain yang sedang menyusui. Ibu yang menitipkan bayinya untuk disusukan tentu harus mengontrol gizi ibu yang menyusui, ini menjadi simbiosis mutualisma. Ibu yang menitipkan bayi kepada ibu lain sedang menyusui tidak perlu malu karena telah dicontohkan oleh Nabi Muhamad SAW ketika bayi yang disusukan kepada Halimahtus Saadiah. 

Pada usia di bawah dua tahun bayi harus diajarkan dengan berbagai rangsangan untuk mengetahui respon dari panca indra bayi. Untuk hal ini tentu si Ibu harus belajar melalui buku atau langsung minta penjelasan dari kader posyandu, bidan dan perawat bayi di Puskesmas. 

Pada usia selepas anak disapih dari menyusui, makanan dan minumannya harus dikontrol, misalnya memberikan susu, buah-buahan. Kemudian setelah anak berusia lima tahun harus masuk PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sebelum masuk TK dan SD. 

Usia anak dibawah lima tahun adalah usia yang sangat krusial bagi perkembangan anak dan dapat menentukan masa depan anak berkaitan dengan kemampuan otak serta daya tahan tubuhnya, sedangakan  gambaran kondisi negara pada masa yang akan datang dapat kita amati dari kualitas anak pada masa kini.  

Oleh karena itu peran pemerintah dan semua elemen masyarakat Indonesia sangat diharapkan dalam mendukung terciptanya generasi berkualitas. Jika kondisi anak usia di bawah lima tahun diabaikan tentu akan terjadi lost generation atau generasi yang hilang efeknya adalah masa depan suram Negara Indonesia akan menghantui kita sejak sekarang. 

Jadi tunggu apa lagi, ayo kita jadikan anak sebagai asset bangsa dan negara. Ayo Bangkit Indonesia…!!! 

Bersambung

Satu Balasan ke Anak adalah Aset Masa Depan Bangsa dan Negara

  1. Uckay B mengatakan:

    salam..
    saya setuju tuh. anak memang aset bangsa dan umat untuk kemajuan masa depan..
    emm,,saya ngopy artikelnya ya,,makasih,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: