Kepemimpinan Soeharto dan Reformasi yang Gagal

Reformasi tahun 1998 tidak mampu membuahkan hasil yang lebih baik dari era Orde Baru bahkan condong lebih buruk, hal ini tidak sesuai dengan Amanat Reformasi yang menyuarakan kesejahteraan, pemberantasan korupsi, dan pemerintahan yang lebih baik, namun kenyataan jauh dari harapan.

Korupsi pada era reformasi merajalela diberbagai tingkatan pemerintahan termasuk DPR dan DPRD, kontrol pemerintah terhadap pemerintahan yang dibawahnya sangat lemah, demikian juga kontrol pemerintah terhadap rakyat lemah, hal ini terbukti dengan adanya berbagai macam konflik horizontal yang justru relatip lebih banyak dibandingkan era Soeharto, korban yang berjatuhan pun lebih banyak.

Oleh karena itu, sekarang ini rakyat justru rindu akan kepemimpinan Soeharto, dibawah kepemimpinannya rakyat tidak pernah antri untuk memperoleh kebutuhan pokok, harga-harga murah dan relatip stabil, stabilitas keamanan pun terjaga, pertumbuhan ekonomi tidak kalah dengan Negara Asia lainnya. Dalam pergaulan Internasional pun Suharto dikenal sebagai pemimpin Negara yang disegani.

Dengan perbandingan kondisi di atas maka wajarlah rakyat yang telah memberi amanah untuk kepemimpinan era Reformasi menarik kembali dukungannya. Dan wajar pula jika TAP MPR yang memerintahkan untuk mengadili Soeharto segera di cabut.

Dalam kasus Soeharto, MPR dan DPR sudah semestinya memperhatikan kehendak rakyat bukan hanya pendapat segelintir orang yang mencari keuntungan di air keruh. Sekarang ini MPR dan DPR seharusnya fokus pada upaya agar rakyat sejahtera, membangun pendidikan yang bermutu, dan mengambil pelajaran yang baik dari kepemimpinan Soeharto bukan terus menerus menghujatnya.

 

Baca Juga

Soeharto Man of The Year
13. Teori Jatuhnya Soeharto

 

 

 

8 Balasan ke Kepemimpinan Soeharto dan Reformasi yang Gagal

  1. lintar mengatakan:

    ya, suharto pernah menjadi pemimpin yang mampu menaik derajat bangsa indonesia di pentas dunia namun, seorang pemimpin yang baik tidak harus otoriter pada kepemimpinanya lagi pula kesejahteran yang suharto berikan hanya kesejahteraan semu padahal bangsa kita belum sepenuhnya sejahtera hanya segelintir orang yang dekat dengan beliau bisa merasakannya. reformasi yang sedang kita jalani ini walau penuh rintangan, tetapi jika rakyat menjalaninya mandiri tanpa kediktatoran pemimpin bertangan besi kesejahteraan akan lebih merata. hidup reformasi !

    • ino aditya k. mengatakan:

      bener juga yang di katakan oleh lintar, bahwa soeharto memang sosok pemimpin yang mampu menaikan derajat indonesia di mata dunia, tetapi pada saat pemerintahan soeharto tidak pernah diadakan pemilu, dan yang tak di sangka-sangka adalah soeharto melakukan tindakan yang dapat merugikan rakyat yaitu korupsi uang pemerintah. tetapi walaupun soeharto korupsi, harga semabako tidak mahal alias murah dan dapat di jangkau oleh masyarakat kecil.

  2. Andi Gunawan mengatakan:

    @ Lintar

    Tipikal kepemimpinan negara yang sedang berkembang memang terkadang otoriter, termasuk kepemimpinan Soeharto, ini bertujuan untuk memudahkan dalam mengatur negara, sehingga stabilitas keamanan terjaga dan pembangunan pun berjalan dengan baik. Kondisi ini tidak ditemui pada pemerintahan Soekarno seakan-akan pembangunan tidak menjadi prioritas, akibatnya rakyat mengantri berbagai macam kebutuhan pokok.

    Antri berbagai kebutuhan pokok terjadi kembali pada era reformasi, sedangkan rakyat mengharapkan pada era reformasi ini kondisinya lebih baik dari era Soeharto. Namun kenyataan berbicara lain. Ini menyebabkan rakyat rindu akan kondisi saat Soeharto memimpin, apa-apa murah atau bisa terbeli, apa boleh buat itulah kebanyakan pendapat rakyat, saya pun mendengarnya sampai di warung-warung kopi dan di pasar-pasar. Ada suatu teori bahwa “Vox Populi Vox Dei” artinya suara rakyat adalah suara Tuhan.

    Inilah cermin era reformasi yang belum berhasil bahwa rakyat masih mengantri berbagai kebutuhan pokok, tentu sebenarnya saya pun mengharapkan era reformasi in lebih baik dari era sebelumnya, atau kita nyatakan era reformasi ini gagal namun masuk ke era yang lebih baik dari era manapun misalnya ERA PENCERAHAN. Pada ERA PENCERAHAN ini PENDIDIKAN sebagai fondasi pembangunan disegala bidang.

    Ayo Bangkit Indonesia … !!!

  3. InfoGue.com mengatakan:

    Artikel di blog ini bagus-bagus dan berguna bagi para pembaca. Anda bisa lebih mempromosikan artikel Anda di infoGue.com dan jadikan artikel Anda Topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia. Nantikan segera plugin/ widget kirim artikel & vote untuk Blogspot dan WordPress dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://infogue.com/masalah_politik/kepemimpinan_soeharto_dan_reformasi_yang_gagal/

    @ InfoGue

    Terima kasih atas infonya, salam blogger! (Andi Gunawan)

  4. david mengatakan:

    soeharto dibenci namun dirindukan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: