Pandai Menanam Harus Pandai Memelihara

 

Beberapa bulan yang lalu euphoria gerakan penghijauan atau penanaman pohon di Indonesia meningkat termasuk di Jakarta, ini disebabkan selain akan diadakannya konfrensi Negara-negara di dunia tentang perubahan iklim (COP 13 Bali) sekaligus kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya pohon dalam mencegah banjir dan mencegah pemanasan global. Pemanasan global (global warming) bisa dihambat dengan penghijauan atau menanam kembali hutan gundul. Jika tidak bisa dihambat maka pemanasan global mengakibatkan melelehnya es dikutub, jika itu terus berlangsung dapat menenggelamkan pulau, termasuk pulau Bali tempat konfrensi diadakan.

Pentingnya menanam pohon itu menyebabkan euphoria, mulai dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah, partai-partai politik, lembaga kemasyarakan, perusahaan-perusahaan sampai masyarakat biasa terlibat dalam penanaman pohon. Pengumuman, iklan dan baligho menyemarakan euphoria ini yang berisi informasi gerakan penanaman pohon. Bunyi informasinya pun spektakuler misalnya gerakan penanaman sejuta pohon, sekian juta pohon dan seterusnya. Tentu kita bersyukur dengan adanya program ini dan harapan kita program ini berhasil.

Hal yang perlu mendapat perhatian dalam gerakan penghijauan ini yaitu proses pemeliharaan. Bibit pohon yang baru ditanam harus dipupuk, disiram, dan dijaga dari berbagai hama tanaman sehingga pohon tumbuh subur. Pohon yang tidak dipelihara dengan baik maka pohon akan mati. Jadi menanam itu gampang yang susah adalah memeliharanya. Oleh karena itu gerakan penghijauan harus disertai dengan panduan pemeliharaan berbagai jenis pohon, ini merupakan langkah strategis demi keberhasilan gerakan penghijauan. Sebagaimana kita tahu, bahwa kegagalan gerakan penghijauan akan berakibat efek berantai yang sangat negatip bagi lingkungan dan manusia.

Ayo kita tanam pohon sebanyak-banyaknya dan jangan lupa memeliharanya, maka hijaulah Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: