Pesan Untuk Sarjana Menganggur

Pengangguran di Indonesia lebih dari 10% jumlah penduduk, termasuk di dalamnya sarjana mulai dari D3 sampai S3. Mengapa sarjana menganggur??? Jelas ada yang salah pada sistem pendidikan di Indonesia, dan ini harus dikaji tanpa harus saling menyalahkan, salahkan diri sendiri mulai dari pelajar, mahasiswa, pengajar, dosen, pembuat kurikulum, menteri pendidikan, DPR serta Presiden, yang tujuannya adalah masing-masing mengevaluasi dirinya untuk perbaikan dimasa yang akan datang.

Predikat Kesarjanaan tidak diperoleh dengan mudah tentu dilalui dengan suka duka mahasiswa dalam proses pembelajarannya dan sejumlah biaya yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu sungguh sayang apabila seorang sarjana tidak bekerja atau tidak mengamalkan ilmu yang telah diperolehnya itu. Artinya energi yang dikeluarkan saat menjadi mahasiswa (bahkan mulai dari SD) seakan menjadi sia-sia. Padahal program pemerintah dalam mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia ada pada jenjang pendidikan tinggi.

Harapan pemerintah untuk para sarjana tentu tinggi yaitu bagaimana sarjana tersebut mampu mengelola sumber daya alam yang sangat melimpah dan mampu membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia secara keseluruhan. Persoalannya adalah bagaimana sarjana yang nganggur tersebut lebih kreatif, mempunyai inovasi, berjiwa entreupeneur dan satu lagi jiwa mengabdi kepada negara.

Bila Anda sebagai sarjana ingin mengabdi kepada negara (biasanya gaji atau penghasilan kecil) maka masih banyak anak-anak di Indonesia usia sekolah yang belum mengenyam pendidikan atau putus sekolah, maka kesempatan buat Anda untuk mengajari mereka, inilah tugas mulia untuk Anda, dan status Anda bukan lagi sarjana nganggur.

4 Balasan ke Pesan Untuk Sarjana Menganggur

  1. Andi Gunawan mengatakan:

    Pesan saya diartikel tersebut bahwa kekayaan alam yang melimpah, posisi yang strategis dan jumlah penduduk mempunyai potensi dalam memakmurkan rakyat Indonesia, maka bagi para sarjana dengan berbagai keahliannya dan kreatifitasnya dapat memanfaatkan potensi tersebut, itulah pekerjaan untuk Anda, harapan selanjutnya Anda mampu membuka lapangan kerja bagi orang lain.

    Yang berikutnya, bahwa sumber daya manusia Indonesia tergolong rendah, hal ini bisa dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia Indonesia yang kalah dari negara-negara ASEAN, dengan potensi ilmu yang Anda miliki kondisi ini bisa diubah, tentu melalui perjuangan yang tiada henti, disertai pengorbanan dan keikhlasan untuk mengabdi kepada negara, mendidik juga wujud manusia beribadah kepada Tuhannya.

    Jadi pesan saya untuk para Sarjana : Jangan menganggur yaa.. mari kita bangun Indonesia menjadi negara maju dengan segala potensi yang Anda miliki.

  2. iwannganggur mengatakan:

    hhaaa? hare gene perlu ide yg kongkrit boss.. bukan klise…sarjana mana seh nyang mau nganggur? setiap tahun sarjana baru lulus menganggur ,sama banyaknya dengan sarjana tua yang jadi nganggur karena phk, ada yang mikirin mereka? cuplis makan lodeh ..plis deh.
    ada ide buat meraka boss?

    tapi boleh juga artikelnyan, daripada ngganggur ..

  3. cickas mengatakan:

    saudara iwan pantas ngangur. Sayapun tak kan beri anda ide kreatifitas,cari aja sendiri…****kau anak muda…
    Dikasih saran malah cuma bisa minta ide..pasif loe boy…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: