Siapkan Bendungan sebelum Kekeringan

 

Musim kering yang melanda Indonesia menyebabkan bencana yang tidak kalah beratnya dibanding bencana lain yang kerap mendera, khususnya bagi petani. Lahan pertanian menjadi kekurangan air bahkan tanah menjadi retak-retak, akibatnya lahan tidak bisa ditanami, sedangkan lahan yang sudah ditanami terpaksa fuso atau gagal panen.

lahan-pertanian-kering.gif

Kekeringan yang menyesakan (KabBlitar.go.id)

Kondisi di atas menjadi salah satu sebab Indonesia sebagai negara agraris yang luas belum mampu mengulang swasembada beras (apalagi pangan) yang telah diraih pada era Soeharto, Indonesia masih mengimpor beras. Jika ini terus berlangsung akan menimbulkan kerawanan pangan pada masa datang, karena ketahanan pangan Indonesia masih dipengaruhi oleh ketahanan pangan dunia. Bagaimana mengatasinya???

Pada saat musim penghujan tiba, hujan deras menyebabkan banjir, air sungai meluap karena curah hujan tinggi, namun air yang mengalir sampai jauh akhirnya ke laut, persis seperti lagu Gesang. Air hujan yang seharusnya menjadi berkah dimasa datang hanya lewat begitu saja. Oleh karena itu air harus dikelola agar bermanfaat secara maksimal. Bukankah air sumber kehidupan???

banjir5.jpg

Banjir yang menyengsarakan (suaramerdeka.com)

Untuk memaksimalkan fungsi air, sehingga pada saat musim penghujan tiba air tidak terbuang begitu saja, maka perlu dibuat penampungan air, berupa bendungan atau kolam penampung sehingga pada saat musim kering air dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia termasuk pertanian.

Bendungan atau penampungan air harus dibuat diberbagai lokasi dimana kekeringan sering tejadi. Pemerintah harus membuat peta lokasi kekeringan sehingga bendungan yang akan dibangun menjadi efektif.

Dengan adanya bendungan diharapkan masa tanam pada lahan pertanian menjadi tiga kali, hal ini tentu akan meningkatkan produksi pertanian. Selain itu bendungan berfungsi dalam mengendalikan air agar tidak banjir.

Usaha untuk membuat bendungan diberbagai lokasi harus segera direalisasikan, sebab kalau bendungan tidak dibuat maka kondisi kekeringan akan terus melanda, dan kemiskinan pun terus menjerat rakyat.

3 Balasan ke Siapkan Bendungan sebelum Kekeringan

  1. dwikurniawan7 mengatakan:

    orang indonesia bu
    kannya sedih malah seneng kena banjir.

  2. zonapikir mengatakan:

    Bencana banjir terjadi sebagai akibat terganggunya keseimbangan alam,yg disebabkan oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab.Seperti penebangan liar,alih fungsi lahan potensial menjadi perumahan-perumahan atau pusat perbelanjaan danlain-lain

  3. shangkala mengatakan:

    banjir dan segala macam bencana alam menerjang negeri ini. Sepertinya kita harus banyak berbenah. Salah satunya membuat managemen penanganan bencana. Saya menyukai artikel sejenis ini. Yuk sama-sama kita sebarkan pengetahuan bermanfaat untuk masyarakat. lihat artikel lainnya yang terkait :
    http://artshangkala.wordpress.com/category/science-spiritual-nusantara/page/3/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: