Menkes RI Mendapat Tekanan dari Negara Barat dan WHO

Buku Menkes yang berjudul “Saatnya Dunia Berubah! Tangan Tuhan di Balik Virus Flu Burung” mendapat tekanan dari Negara-negara Barat dan WHO, karena isinya dianggap telah menyinggung atau menyerang kepentingan Negara-negara Barat, edisi dalam Bahasa Inggrisnya yang 1.000 eksemplar diisukan harus ditarik dari peredaran (kenyataannya buku tersebut telah laris dan tak jadi ditarik).

Buku tersebut mendapat tanggapan luar biasa dari media Negara-negara Barat, mereka menulis bahwa dalam buku itu Siti Fadillah mengurai konspirasi Barat dalam menggunakan sample flu burung. Mereka yang terlibat adalah AS dan WHO yang memanfaatkan virus flu burung sebagai senjata biologis.

Menkes membantah bahwa dalam tulisannya tidak ada kata-kata US government yang akan membuat senjata biologi dari virus flu burung, juga tidak menuduh negarapun termasuk AS.

Latar belakang Menkes membuat buku tersebut karena saat melihat ketamakan Negara maju dalam penanganan virus flu burung. Motif ekonomi telah membunuh hati nurani dan kemanusiaan, selanjutnya menkes menjelaskan bahwa bahwa perlakuan Negara-negara maju terhadap Negara yang terinfeksi flu burung dengan mengambil keuntungan dari penelitian terhadap sample virus H5N1.

Kita tahu bahwa tingkat penularan virus flu burung tergolong cepat, seandainya ini terjadi pada manusia tentu akan sangat membahayakan kehidupan manusia. Oleh karena itu para ilmuwan berlomba mencari penangkalnya.

Penangkal satu-satunya yang dianggap dapat mencegah penularan virus dari manusia ke manusia adalah tamiflu atau nama generiknya oseltamivir. Indonesia sebagai Negara yang banyak terserang virus ini bermaksud memesan tamiflu dengan uang yang susash payah dikumpulkannya. Namun sayang sekali tamiflu yang sudah dipesan ternyata habis, itupun dibeli oleh Negara-negara maju yang tidak terserang oleh virus flu burung.

Keberanian Menkes Siti Fadillah Supari patut diacungi jempol walaupun mendapat tekanan dari Negara Barat dan WHO, Menkes tetap akan mempertahankan kebebasan berpendapatnya sekaligus memperjuangkan hak-hak Negara-negara berkembang dalam penanganan virus agar lebih adil. Ini akan dibuktikannya dengan mencetak ulang sebanyak 3000 eksemplar, masing-masing 1500 untuk edisi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Ayo kita dukung Ibu Menkes, Ayo Bangkit Kesehatan Indonesia.

 

Baca Juga :

 

Perjuangan Menkes Pada Forum Internasional I
Perjuangan Menkes Pada Forum Internasional II

4 Balasan ke Menkes RI Mendapat Tekanan dari Negara Barat dan WHO

  1. infogue mengatakan:

    Artikel di blog ini bagus-bagus dan berguna bagi para pembaca. Anda bisa lebih mempromosikan artikel Anda di infoGue.com dan jadikan artikel Anda Topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia. Nantikan segera plugin/ widget vote untuk Blogspot dan WordPress dengan instalasi mudah & singkat. Salam!

    http://www.infogue.com/kesehatan/menkes_ri_mendapat_tekanan_dari_negara_barat_dan_who/

    JW : Terimakasih atas infonya, salam … (Andi Gunawan)

  2. […] Menkes RI Mendapat Tekanan dari Negara Barat dan WHO […]

  3. […] Juga : Menkes RI Mendapat Tekanan dari Negara Barat dan WHO Perjuangan Menkes Pada Forum Internasional […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: