Peraturan Pemerintah Yang Merusak Hutan

Peraturan Pemerintah No.2 tahun 2008 tentang sewa hutan adalah peraturan pemerintah yang melegalkan penebangan pohon agar hutan cepat rusak, emang sih untuk pertambangan yang dapat membuka lapangan kerja tapi hutan jadi gundul. Aduh … ini peraturan jenis apa ya… baru kemarin Indonesia menjadi tuan rumah konfrensi untuk mencegah pemanasan global yang salah satu solusinya adalah menanam kembali hutan gundul, eh ini malah pemerintah membuat aturan yang kontradiksi, bahkan hutan lindungpun boleh disewa.

Penyewaan hutan sangat murah sekali yaitu paling mahal tiga juta rupiah perhektar artinya 300 rupiah permeter persegi. Bisa anda bayangkan betapa untungnya pengusaha pertambangan dengan modal tak seberapa namun bisa bikin kantong tebal, dilain pihak betapa sengsaranya manusia disekitar hutan akibat rusaknya hutan, mereka bisa terkena longsor, banjir bandang atau kepanasan, yang lebih parah lagi pulau bisa tenggelam. Nah lho…

 

Suatu hal yang bisa saja terjadi bila penyewanya adalah orang luar dari Negara-negara maju mereka menyewa dengan mengatas-namakan orang Indonesia, dengan dana besar mereka akan mengeruk uang tak terbatas dari hasil tambang dengan modal murah.

Mudah-mudahan pemerintah membatalkan peraturan pemerintah ini, karena telah terjadi penolakan dari berbagai elemen masyarakat termasuk Gubernur, Bupati, para akademisi, aktivis lingkungan dan sebagainya.

Satu Balasan ke Peraturan Pemerintah Yang Merusak Hutan

  1. Agam Rambe mengatakan:

    dengan keuntungan pemerintah yang tidak seberapa, seharus nya pemerintah mengkaji lagi tentang peraturan tersebut, karena bila dilihat lebih jauh lagi malah peraturan tersebut menjadi merugikan negara dan masyarakat pada umumnya,dengan kegundulan hutan tersebut coba dampak apa yang akan diterima masyarakat…ingat hutan bukan hanya milik negara tetapi juga masyarakat yang tinggal didekat hutan tersebut….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: