Membangun Surga Bernama Indonesia (Bagian 2)

 

Oleh : Andi Gunawan

Kesimpulan pada posting sebelumnya diuraikan bahwa bangsa Indonesia harus mempunyai motto bahwa tiada hari tanpa menanam pohon dan memeliharanya serta membangun sistem pertanian terpadu.

Sistem pertanian terpadu diharapkan dapat mengatasi persoalan ketersediaan pangan misalnya swasembada beras, kedelai dan jagung, sekaligus mengatasi kelangkaan daging sapi dan ketersedian susu dengan harga murah.

Selanjutnya usaha untuk membangun surga bernama Indonesia : adalah yang ketiga, membangun sarana untuk mendukung usaha pertanian terpadu seperti membangun sarana riset pertanian terpadu yang efektif, membangun bendungan dan sistem pengairan, membangun industri pakan ternak dan industri pupuk kimia.

Membangun sarana riset pertanian terpadu yang efektif dalam rangka meningkatkan kualitas produksi baik pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan serta meningkatkan peluang hubungan keterpaduan unsur-unsur pertanian tersebut.

Membangun bendungan dan sistem irigas, bendungan dibuat untuk menampung air baik dari aliran sungai maupun hujan dan mengendalikannya melalui saluran irigasi, semakin besar bendungan semakin banyak air yang ditampung yang dapat dimanfaatkan pada musim kering. Supaya pembuatan bendungan efektif maka harus dibuat pemetaan lahan pada musim kering.

Membangun industri pakan ternak, industri ini penting untuk mendukung industri peternakan dan perikanan, sehingga industri peternakan dan perikanan tidak lumpuh gara-gara pakan ternak. Komponen pakan ternak harus berasal dari industri pertanian dalam negeri sehingga harga pakan terjangkau dan dapat dikendalikan. Selama ini komponen pakan ternak masih diimport, jika harga melonjak maka pakan ternak menjadi mahal, tentu ini akan membebani peternak sebab biaya produksi membengkak, dan keuntungan pun menipis.

Membangun pabrik pupuk kimia serta membangun jaringan distribusi pupuk yang baik, ketersedian pupuk sampai tingkat petani adalah suatu keharusan sehingga tidak terjadi kelangkaan pupuk yang menyebabkan harga pupuk lebih mahal.

Usaha pertanian terpadu harus didukung oleh kebijakan pemerintah yang pro pertanian, artinya bahwa pemerintah harus menciptakan iklim kondusif agar petani dan peternak hanya berkonsentrasi dalam peningkatan kualitas produksi (sesuai riset). Dengan demikian kebijakan pemerintah adalah bertanggung-jawab terhadap seluruh hasil produksi dari pertanian & peternakan yaitu selain mekanisme pasar pemerintah wajib membelinya dengan harga yang adil, sehingga petani dan peternak tidak khawatir dengan hasil produksinya.

Yang keempat, mengolah sampah sehingga bermanfaat bagi manusia, sampah yang tidak dikelola akan menjadi sumber berbagai penyakit dan merusak pemandangan. Sampah yang telah dikelola dapat menjadi sumber energi, sumber pakan ternak (dari sampah organic), pupuk kompos dan dapat di daur ulang (sampah kering).

Bersambung

2 Balasan ke Membangun Surga Bernama Indonesia (Bagian 2)

  1. realylife mengatakan:

    Insya Allah terwujud
    saya siap membantu kalo emang di perlukan
    terima kasih
    itu saja

  2. Mari kita bangun surga yang bernama Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: