Barack Obama dan Perubahan (Change We Can Believe In)

Oleh Andi Gunawan

Fenomena Barack Obama dalam pemilihan awal kandidat Partai Demokrat, pada pemilihan presiden Amerika Serikat, telah menyedot perhatian masyarakat dunia. Berbagai media massa dunia berlomba memberitakan betapa serunya pemilihan awal untuk Partai Demokrat tersebut, yang hingga kini (13/03/08) masih berlangsung.

Hillary, calon presiden wanita pertama AS, merupakan rival Obama dalam pemilihan awal tersebut, pantang menyerah dan masih bersemangat dalam pemilihan itu walaupun jumlah delegasi yang diperoleh di bawah jumlah delegasi Obama.

Jalannya pemilihan presiden AS memang mendapat perhatian dari warga dunia, karena AS merupakan negara adidaya yang memiliki hak veto dan memiliki peran penting dalam menentukan keadaan dunia.

Beberapa kebijakan AS walaupun tidak didukung oleh PBB telah pula memberi warna pada kehidupan umat manusia di dunia, salah satu contonya adalah kebijakan menyerang Irak dengan alasan negara tersebut memiliki senjata pemusnah masal. Tuduhan sepihak sebagai alasan menyerang Irak pada akhirnya tidak terbukti, namun perang terus berlanjut dan AS masih tetap bercokol di negara yang memiliki warga Syiah terbesar di luar Iran.

Kebijakan menyerang Irak diprakarsai oleh Presiden AS, George W. Bush, yang disetujui oleh DPR AS, telah menjadi preseden buruk bagi pemerintah AS, yang juga telah menyeret warga AS untuk kontra dengan kebijakan pemerintahnya.

Kebijakan seorang presiden sangatlah penting karena akan mengubah jalannya sebuah negara, terlebih negara itu adalah negara adidaya.seperti AS, selain penting untuk negaranya juga dapat merubah keadaan dunia.

Oleh karena itu pemilihan presiden AS kali ini pun mendapat perhatian warga dunia, bahkan melebihi pemilihan presiden AS sebelumnya. Penyebabnya adalah banyak persoalan di AS yang harus segera ditangani dengan baik, diantaranya adalah masalah perang yang melibatkan AS, konflik politik diberbagai negara yang membutuhkan figure AS untuk menyelesaikannya, dan masalah ekonomi yang diawali krisis kredit perumahan (subprime mortgage) yang akan menyeret kepada resesi ekonomi di AS.

Dengan kondisi AS seperti di atas, maka AS membutuhkan seorang presiden yang mampu menangani berbagai masalah tersebut dari sudut pandang yang berbeda dengan Presiden AS yang sekarang.

Sudut pandang berbeda itu bisa diamati pada diri Barack Obama, sejak tahun 2003 Obama tidak setuju atas penyerbuan AS ke Irak dan menyatakan bahwa Irak tidak memiliki senjata pemusnah masal (sesuai dengan hasil penelitian Badan Atom Dunia), sebuah pandangan yang tidak popular yang dilontarkan oleh politisi dari AS.

Dengan mengusung tema perubahan pada pemilihan AS, Barack Obama telah banyak mendapat simpati dari pendukungnya termasuk Oprah Winfrey, Steven Siegel dan selebrity serta politikus terkenal lainnya. Barack Obama pun lebih diunggulkan dari pada calon presiden lainnya baik dari partai Demokrat maupun Republik, berdasarkan berbagai jejak pendapat pada media massa di AS. Ini membuktikan bahwa masyarakat AS memilih perubahan yang diusungnya dari pada status quo yang menyeret AS pada perang, hutang yang terus bertambah akibat perang dan krisis ekonomi yang menyesakkan (US Dollars dan Indeks Saham Bursa AS turun).

Dalam situs Barack Obama tema perubahan bisa terlihat dari judul atau motto situs “Ï’M ASKING YOU TO BELIEVE. Not just in my ability to bring about real change in Washington … I’m asking you to believe in yours.” dan “Change We Can Believe In”. Harapan yang termaksud dalam motto situs menjadi harapan bagi warga AS untuk berubah.

Bagaimana pengaruh perubahan di AS seandainya Barack Obama tampil sebagai presiden AS pada perubahan dunia, ini bisa bisa kita amati dari cara Obama menjawab isu-isu luar negeri pada kampanye awal pemilihan presiden AS 2008 atau bisa dilihat pada situs Barack Obama, tentang rencana kebijakan luar negeri AS.

Rencana kebijakan luar negeri AS yang termuat dalam situs Barack Obama diantaranya adalah mengakhiri perang di Irak, menutup penjara Guantanamo, menghentikan pertempuran melawan Al-Qaeda, memimpin dunia dalam memerangi ancaman umum seperti senjata nuklir, teroris, perubahan iklim dan kemiskinan, pemusnahan masal suatu bangsa dan penyebaran berbagai penyakit. Barack Obama pun mengatakan “Your matter to us. Your future is our future. And our moment is now”.

Tentu saja, setelah memperhatikan rencana-rencana di atas harapan dunia pada AS (khususnya Negara miskin dan berkembang) adalah terpilihnya Obama sebagai presiden AS, sebagaimana yang diungkapkan Obama, bahwa masa depan anda adalah masa depan kami, dan saatnya adalah sekarang. Ini bisa diartikan bahwa perkembangan dunia khususnya di negara miskin dan berkembang akan memdapat perhatian serius dari AS.

Selain hal di atas, yang diharapkan AS sebagai Negara adidaya dalam menyelesaikan konflik adalah tidak diterapkannya standar ganda karena alasan suka dan tidak suka, pada suatu negara, namun lebih ditekankan pada keadilan bagi semua pihak.

Di bawah ini adalah situs Barack Obama pada halaman rencana kebijakan luar negeri AS :

http://www.barackobama.com/issues/foreignpolicy/

6 Balasan ke Barack Obama dan Perubahan (Change We Can Believe In)

  1. Jasman Rizal mengatakan:

    Doakan saja Obama menang, maka insya Allah dunia senang, kitapun tenang

  2. Andi Gunawan mengatakan:

    Ya mari kita doa-kan bersama agar Obama memenangkan pemlihan presiden AS, kita tunggu perubahan besar Amerika Serikat dalam memandang dunia.

  3. rusihakim mengatakan:

    pertama gw melihat sejarah barack husein obama yang pernah tinggal diindonesia. dan yang pasti mengenal islam, karena ayahnya seorang muslim. aku langsung menyukai obama dan mendukung penuh dia, karena yakin dia akan membawa perubahan di amerika setelah bush.
    tapi tadi pagi gw baca koran tempo, mengenai barack yang mendukung dan membela israel dan mulai belajar menutup mata tentang penderitaan palestina yang dijajah oleh yahudi selama 60 tahun, gw mulai ga suka, dan menyesal kenapa gw mendukungnya.

    setelah barack sudah menang mendahului clinton dia mulai lupa dan mulai tidak berkomitmen pada kata-katanya yang akan membela palestina.

    seperti hal nya presiden-presiden amerika tidak ada yang berubah, semuanya sama

  4. denty mengatakan:

    obama.. udah menang. tp faktanya dy tetep pny janji sm orang2 yahudi.. so, gmn dgn palestina dan irak??

  5. sugihartohadi mengatakan:

    he he. Jangan sampai tertipu. Obama itu tetep Amrik yang bertekuk lutut di bawah lobi yahudi.. Lihat aja menteri pertahanannya. Yahudi asli boo…. (Pastilah dukung Israel.
    Itu yang namanya politik dagang sapi

    Gue mah ga harap banyak ama siapapun pres AS. Mendingan kita perbaiki diri aja biar ga tergantung sama AS atau negara lainnya.

  6. lalu mengatakan:

    barack obama, di pundakmu ada harapan banyak orang, dari dulu sampai sekarang aku masih sangsi apa amerika bisa berbuat baik untuk orang muslim, sekarang sangsiku sedikit melunak setelah dirimu jadi president, setidaknya ajaklah ngomong tu orang yahudi, yang pastas kau musuhi adalah orang eropa, yang sudah banyak meninidasmu, bukan orang palestina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: