Teori Organisma : Membangun Indonesia Jaya (bagian 1)

Oleh Andi Gunawan

Negara yang maju dan modern tentu menjadi impian bagi setiap bangsa di seluruh dunia, bagaimana mewujudkannya?. Tentu saja banyak teori yang mengarah bagaimana menjadi sebuah negara maju dan modern serta demokratis. Dan banyak pula contoh dari negara maju dan moderen tersebut untuk diterapkan dimasing-masing negara sehingga mampu mengejar ketertinggalannya bahkan mengejar kemajuan negara-negara tersebut.

Negara-negara maju dan modern yang ada saat ini mempunyai sejarah panjang dalam pembentukannya, apalagi menjadi negara super power yang kuat akan militer dan ekonominya, seperti Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan sebagainya. Persoalannya apakah negera-negara tersebut akan mampu mepertahankan kemajuan dan kemodernanya ataukah akan menuju kehancuran karena telah mengalami titik jenuh? Mampukah mereka bertahan selamanya?

Pertanyaan-pertanyan di atas penting bagi negara berkembang dalam membangun negaranya, menjadikannya negara maju dan modern yang kuat fondasinya sehingga mampu bertahan lama bahkan sangat lama dan tak tergoyahkan.

Mengapa fondasi sebuah negara harus kuat? Ibarat sebuah pohon dimana akar yang menghujam ke bumi sangat berpengaruh terhadap tegaknya batang pohon yang besar dan kokoh serta mampu menghasilkan buah yang manis rasanya. Maka sebuah negara harus seperti gambaran pohon di atas, tentu sangat menyenangkan para penanamnya.

Sebuah Negara yang tidak kuat fondasinya hanya bertahan beberapa dekade atau abad saja. Banyak contoh negara, kerajaan atau kekaisaran yang hancur binasa karena hal tersebut, misalnya Kekaisaran Romawi, Persia, Yunani Kuno, Saba, Babilonia keruntuhan dinasti di China dan sebagainya, padahal pada saat jayanya negara tersebut tidak ada yang mengalahkan kedigjayaannya.

Salah satu teori tentang Negara adalah negera dipandang sebagai organisma, dimana setiap organ dan setiap sel saling melengkapi sehingga organisma itu hidup dan berkembang. Organisma adalah mahluk ciptaan Tuhan maka segala sesuatu tentang Negara bisa dikaitkan dengan ajaran Tuhan, ajaran Tuhan adalah untuk semua dan meliputi apa saja yang ada dilangit dan di bumi. Perlu dipahami bahwa ajaran Tuhan tidak hanya dalam bentuk teks dalam kitab suci tapi seluruh ilmu yang ada di alam ini, (termasuk fisika, matematika, biologi dan sebagainya) adalah ajaran-Nya, tinggal bagaimana menerapkan ajaran tersebut sehingga bermanfaat bagi manusia bukan sebaliknya.

Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang serta Pengatur Alam ini, mengatur segala sesuatunya dengan cermat, menempatkan sesuatu pada tempatnya, dan berkehendak sesuai dengan ilmu-Nya, sehingga terjadi keteraturan dan keharmonisan di alam ini yang harus dicontoh manusia, tidak sama persis, tapi paling tidak manusia paham dari ajaran-Nya atau sifat-sifatnya. Inilah yang dimaksud dengan manajemen sesuai dengan ajaran Tuhan/Ilahi.

 

Bersambung 

2 Balasan ke Teori Organisma : Membangun Indonesia Jaya (bagian 1)

  1. zoel mengatakan:

    Mas andi, apa iya runtuhnya negara seperti yang anda contohkan karena mereka tidak kuat fondasinya? terus apa itu fondasi sebuah negara yang kuat?
    Salam Kebangkitan Indonesia..

  2. AMRAN mengatakan:

    Mudah2an konsisi Indonesia saat ini mrupakan proses pembentukan fondasi yg kuat, dan segera mnemukan formula system yg terbaik yg dpt mngatur sluruh aspek khidupan mnjadi lebih baik, tertib, aman, tentram dan mwujudkan masyarakat sejahterah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: