Teori Organisma : Membangun Indonesia Jaya (bagian 2)

Oleh Andi Gunawan

Salah satu aplikasi dari ajaran Ilahi, manajemen ilahi, dikaitkan Negara sebagai organisma, adalah bahwa mahluk hidup, misalnya seorang manusia diibaratkan sebagai sebuah Negara. Manusia terdiri dari kepala, badan dan anggota badan, tulang-tulang rangka dan daging sebagai pembungkus tulang. Pada bagian kepala terdiri dari otak (untuk berpkir) dan panca indra, isi badan terdiri dari paru-paru, jantung, hati, empedu, lambung, usus dan sebagainya, yang memiliki berbagai macam fungsi. Kemudian manusiapun dapat berinteraksi dengan manusia lain.

Hal yang paling menarik dari semua itu adalah bahwa manusia tersusun dari jutaan sel, yang dapat berkembang biak dengan cara membelah diri. Sel dalam sebuah Negara bisa dibaratkan kumpulan manusia terkecil yang dapat berkembang dan memiliki otoritas. Di Indonesia kumpulan terkecil manusia adalah tingkat RT (Rukun Ttangga), RW (Rukun Warga) dan Desa, yang di dalamnya terdiri dari keluarga dan individu. Maka dengan teori organisma ini di Indonesia ujung tombak kemajuan negera seharusnya dimulai dari tingkatan yang terkecil jumlah penduduknya.

Banyak ahli yang bijak menempatkan desa sebagai indicator kemajuan Negara khususnya di Indonesia, bila desa maju dan kuat dipastikan akan kuat pulalah Negara. Hal tersebut selaras dengan teori yang dikemukakan di atas yaitu ujung tombak kemajuan seharusnya dari tingkat RT dan RW yang tersinergi dengan Desa sebagai struktur pemerintahan terkecil. Sebagai ujung tombak tentu harus tajam dan kuat, bila tumpul maka program dari pemerintah yang akan dilaksanakan tidak akan terwujud.

Banyak hal yang bisa di atasi dimulai dari tingkat RT dan RW, seperti andanya pusat kegiatan belajar masyarakat, pembinaan kesehatan masyarakat, penanganan sampah sehingga bermanfaat, usaha kecil untuk mengurangi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan, pembinaan terhadap generasi muda, system keamanan lingkungan, menanam di lahan kosong (untuk apotik hidup misalnya), pemberdayaan perempuan, pendidikan anak usia dini, dan sebagainya. Jika hal tersebut terlaksana dengan baik maka tujuan pembangunan yaitu menciptakan masyarakat adil dan makmur serta membangun manusia Indonesia seutuhnya akan mudah terwujud.

Program yang akan dijalankan atau yang sudah berjalan harus dilaporankan dan dipertanggung-jawabkan setiap hari secara serius dari tingkat RT, RW, Desa dan seterusnya. Laporan dan pertanggung-jawaban itu akan menjadi evaluasi sehingga bisa diputuskan berbagai persoalan yang ada untuk kemajuan wilayahnya, ajang tukar pkiran dan konsultasi antar ketua RT atau RW serta perlombaan atas kemajuan wilayah yang dipimpinnya.

Dengan demikian, seperti halnya sel, jika semua manusia di tingkat RT, RW dan Desa bergerak aktif dan berkembang, alias tidak menganggur, mengerahkan segala potensi untuk membangun dan mengembangkan diri dipastikan negara akan menjadi kuat, pada gilirannya untuk mengejar kemajuan negara maju seperti Amerika Serikat, Jerman dan Jepang akan menjadi mudah. Setelah menjadi negara yang kuat dan maju maka proses berikutnya adalah mentransfer sistem tersebut kepada generasi pelanjut, sebagai mana halnya sel menurunkan kode genetiknya pada saat berkembang biak. Proses transfer sistem ini harus terus menerus disosialisasikan sejak usia dini ke semua tingkatan dan kalangan sehingga negara kuat dan maju dapat dipertahankan dan langgeng.

Satu Balasan ke Teori Organisma : Membangun Indonesia Jaya (bagian 2)

  1. eko sulistiyono mengatakan:

    Indonesia jaya dengan sistem hari in? Imposible….
    Kehancuran pola pikir rakyat indonesia sudah mengakar sampai ke titik yang paling rendah….

    Bangun sistem baru yang sesuai dengan ajaran illahiah.. seperti muhammad ketika membangun bangsa arab,

    konsep membangun dalam kondisi hancur kayak indonesia ini, diibaratkan seperti bagaimana proses pembentukan dan kelahiran anak manusia…

    sistem pembentukan anak manusia yang baru melalui proses selama 9 bulan 10 hari. dibentuk, disempurnakan, baru di lahirkan…

    yang lama akan hancur oleh usia,
    Love Indonesia…
    new Indonesia…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: