Hari Air Sedunia, World Water Day

Oleh Andi Gunawan

Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret, inisiatif peringatan tersebut tercetus pada Sidang Umum PBB ke 47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Jeneiro Brasil. Pada tahun 2008, dijadikan Tahun Sanitasi Internasional, sesuai dengan tema World Water Day yaitu sanitasi.

Setiap tahunnya pada Hari Air Sedunia terdapat tema khusus agar menjadi perhatian bagi warga dunia tentang betapa pentingnya air sebagai sumber kehidupan, Tema-tema tersebut antara lain Air untuk Abad ke-21 untuk tahun 2000, Air untuk Kesehatan (2001), Air untuk Pembangunan (2002), Air untuk Mssa Depan (2003), Air dan Bencana (2004), Air untuk Hidup (2005), Air untuk Budaya (2006), dan tahun 2007 berbicara tentang Kelangkaan Air.

Sanitasi yang baik menjadi sangat penting karena dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit khususnya diare, kematian akibat diare sebanyak 1,8 juta jiwa setiap tahunnya dan penyebab utamanya sanitasi yang buruk dan rendahnya kualitas kesehatan.

Pada tingkat dunia, seperti yang dilaporkan dalam Water Supply & Sanitation Collaborative Council (www.WSSCC.org) sebanyak 2,6 milyar manusia atau 40% penduduk dunia tidak memiliki akses untuk mendapatkan sanitasi dasar.

Sedangkan menurut berita Kompas (5/10/07), 24 juta penduduk Indonesia tidak memiliki akses terhadap fasilitas dasar, seperti penyediaan air bersih, jauh melebihi negara-negara Asia Tenggara lainnya.

11 Balasan ke Hari Air Sedunia, World Water Day

  1. DensS cessario mengatakan:

    Haha.. boro boro akses fasilitas dasar..

    Beras aja impor koq… wekekek

  2. realylife mengatakan:

    terima kasih ni informasinya
    saya baru tahu kalo hari ini adalah hari air sedunia
    semoga kita bisa lebih bijak menggunakan air ya

  3. phibee mengatakan:

    sayangnya..world water day tidak bergaung di telinga masyarakat indonesia..
    jangan ngomongin masy, mahasiswa yang saya tanya tentang wwd aja 99,999999% (di kampus saya) mengaku ENGGAK TAU!

  4. M.Mawardi mengatakan:

    Masyarakat kita memang dimanjakan dengan air yang melimpah karena negara kita berada di wilayah tropika basah yang curah hujan tahunnya cukup tinggi. Akan tetapi masyarakat kita banyak yang tidak tahu kalau negara kita termasuk salah satu negara yang terancam krisis air pada sepuluh tahun kedepan. Hal ini disebabkan karena semakin meluas dan parahnya kerusakan DAS(Daerah Aliran Sungai), sehingga kemampuan menyerap,menyimpan dan melepas air menjadi sangat rendah. Banjir di musim hujan dan kekeringan di musim kemarau adalah indikator yang sangat nyata. Oleh karena itu penyadaran kepada masyarakat harus terus dilakukan, serta tindakan konkrit penghematan air baik oleh perorangan, lembaga masyarakat dan pemerintah harus segera dilakukan.

  5. Bambang Sudarsono mengatakan:

    Masalah air di Indonesia sebenarnya masalah manajemen. Curah hujan kita sangat tinggi tetapi pada musim hujan dibuang buang kelaut berikut lumpur lumpurnya sementara dimusim kemarau kita kekeringan. Kita harus belajar dari Israel. Curah hujanmereka hanya 5 -600 mm per tahun namun mereka mampu ekspor hasil pertanian. 4 jt. ha lahan sawah di indonesia setahun hanya diolah 1 kali (pada hal bisa 3 x) sementara kita masih import beras, jagung, kedele bahkan garam. Banyak orang pinter tapi sedikit oeang ngerti.

  6. Cadette mengatakan:

    Bicara soal sanitasi kok miris lah wong yang kemasan saja masih bermasalah n tidak terjamin kesehatannya Untungnya orang indonesia digdoyo digdoyo minum air banjiran saja tidak apa apa.

  7. Andi Gunawan mengatakan:

    @ DensS Cesareo
    Saat ini, memang beras masih di impor, namun kita harus mengurangi image buruk sebagai “jamban terpanjang di dunia” mulailah dari anda dan kita semua, untuk mengubah image tersebut.

    @realylife
    Ya.. kita harus bijaksana dalam memanfaatkan air, hemat dalam penggunaanya, membuat bendungan, waduk atau penampungan air yang dapat menampung air pada musim hujan dan memanfaatkannya pada musim kemarau. lihat juga tulisan saya : Siapkan Bedungan sebelum Kekeringan.

    @phibee
    Ironis memang tingkat pengetahuan mahasiswa Indonesia, padahal pemimpin Indonesia pada masa yang akan datang adalah mahasiswa yang sekarang sedang menuntut ilmu, isu-isu kontemporer dunia seharusnya mereka tahu sebagai bentuk kepedulian terhadap apa-apa yang terjadi di bumi yang ditempatinya.

    @M.Mawardi
    Ketersedian air menjadi sangat penting pada beberapa dekade kedepan, penyebab utamanya adalah global warming, sedangkan global warming diakibatkan ulah manusia yaitu deforstasi dan industri yang banyak mengeluarkan gas karbondioksida.

    @Bambang Sudarsono
    Manajemen Air sangat penting demi kelangsungan hidup manusia, Indonesia harus segera menerapkannya, sebab air bisa menjadi kawan atau lawan, untuk itu tidak ada salahnya kita belajar dari negara-negara maju, seperti Belanda, Amerika, Singapura, Israel dan sebagainya.

    @Cadette
    Orang Indonesia memang digdoyo dalam menahan malu, masa sih air banjir diminum, banjir koq dipiara he he he …

  8. puputs mengatakan:

    baru denger hari air sedunia,

  9. jelajahsepeda mengatakan:

    Benar sekali. Air adalah sebagian syarat hidup tubuh dan akal kita. Maka keberadaan, keeimbangan dan kebaikannya harus terjaga.

    Kami mengajak Anda semua secara langsung terlibat dalam menyadari dan menjaga kebaikan air tersebut dalam Jelajah Sepeda Tangerang Sehat.

    Apa saja latar belakang Anda, kami yakin selama beritikad baik, dapat melakukan sesuatu yang positif, baik sebagai peserta jelajah sepeda, bakti sosial, maupun sebagai narasumber atau pembicara dalam sarasehan kami. Juga termasuk jika Anda beritikad mensponsori acara kita ini.

    Terimakasih atas partisipasinya.

  10. DAFTARKAN SEKANG JUA DIRI ANDA SEBAGAI ANGGOTA ASOSIASI SWARA WARTAWAN DEMOKRASI (ASWD)
    TTD : PENDIRI ASWD 2003 / KETUA UMUM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: