Resep Membangun Indonesia (2)

 

Yang ketiga adalah menciptakan pemerintahan yang kuat terbebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme, punya keinginan kuat membangun bangsanya tanpa pamrih dan berjiwa pahlawan (bukan berarti ingin disebut pahlawan), pemerintahan yang dapat dijadikan contoh bagi rakyatnya, selalu bekerja keras dan melaksanakan amanah dengan baik. Inilah pemerintahan yang dicintai rakyat, mereka akan mendukung sepenuhnya ide, gagasan atau program demi terlaksananya pembangunan, dan bukan pemerintahan yang dibenci rakyat yang indikasinya adalah didemo atau diprotes .

Yang keempat mampu melakukan efesiensi dan efektifitas dalam segala bidang, efesiensi adalah melaksanakan setiap pekerjaan atau pembangunan tidak membuang-buang waktu dan biaya ini artinya tidak ada pemborosan yang dapat menimbulkan ekonomi biaya tinggi, efektifitas adalah dalam melaksanakan pekerjaan atau pembangunan harus tepat guna dan tepat sasaran ini artinya mampu menerapkan tekonologi yang tepat dengan kondisi bangsa dan sasaranya adalah kesejahteraan rakyat. Pada poin ini pun harus diterapkan prinsip ekonomi yang berkeadilan yaitu dengan modal sekecil-kecilnya dengan mendapatkan manfaat atau keuntungan yang sebesar-besarnya demi kemaslahatan bangsa, yang dilaksanakan secara cepat, tepat, akurat dan tercatat.

Yang kelima bersikap bijaksana dalam memproses setiap ide atau gagasan cemerlang, karena setiap manusia berbeda dalam menangkap dan menafsirkan gagasan tersebut.

Ide atau gagasan atau program yang datangnya dari pemerintah harus terus menerus disosialisasikan sehingga setiap individu meyakini dan mempunyai kesamaan berfikir untuk mewujudkan ide, gagasan atau program tersebut.

Yang keenam adalah saling mencintai saudara satu bangsa dan satu negara, yang selanjutnya mencintai sesama manusia diseluruh dunia sehingga secara otomatis menjamin hak asasi manusia. Mencintai saudara satu bangsa akan menumbuhkan saling percaya dan saling pengertian yang pada gilirannya dapat saling bekerjasama dan saling membela. Menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta sebagai saudara satu bangsa dengan sendirinya akan mempersempit perbedaan suku, etnis dan agama, serta menjauhkan konflik dan pertentangan yang pada gilirannya akan mempermudah dalam membangun manusia Indonesia seutuhnya.

Yang terakhir adalah apa yang kita kerjakan dengan penuh keyakinan harus dikerjakan dengan penuh semangat dan pantang menyerah, mempertahankan apa yang telah kita raih dan berusaha terus sampai kejayaan bangsa diraih dan dilestarikan.

Setelah apa yang kita kerjakan secara maksimal tidak lupa senantiasa berdoa kepada Sang Maha Pencipta, memohon pertolongan dan kurnianya agar dilimpahkan bagi siapa saja yang mau bekerja keras, Tuhan tidak akan merubah seseorang atau suatu kaum atau suatu bangsa bila orang atau kaum atau bangsa itu tidak merubah dirinya sendiri, jadi tegasnya Tuhan akan mengubah keterpurukan bangsa Indonesia bila bangsa Indonesia mau bekerja keras mengubahnya menuju kejayaan bangsa dan negara. Jadi, selamat tinggal Negara Under Dog …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: