Konsep Era Pencerahan Indonesia

Oleh Andi Gunawan

Kesamaan cara pandang dan berfikir pada Era Pencerahaan Indonesia sangat diperlukan yaitu menempatkan pendidikan sebagai prioritas utama pembangunan, konsisten dalam menjalankan konsep yang telah disusun dan yakin akan keberhasilan pada masa yang akan datang. Keyakinan akan keberhasilan akan menambah energi dan semangat dalam berjuang mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dukungan penuh atas Era Pencerahan Indonesia oleh seluruh elemen bangsa mulai dari pemerintah, insan pendidikan, tokoh masyarakat, media masa, lembaga swadaya masyarakat, filantropi Indonesia, partai politik sampai masyarakat umum sangat dibutuhkan. Komitmen dukungan dari seluruh elemen bangsa sangat menentukan keberhasilan Era Pencerahan Indonesia.

Waktu yang dibutuhkan bagi keberhasilan Era Pencerahan Indonesia relatip lama minimal antara 10 sampai 20 tahun baru bisa dirasakan efeknya, karena mendidik tidaklah instan.

Adapun konsep bagi Era Pencerahan Indonesia, dengan prioritas pendidikan saya susun secara sederhana sebagai berikut :

* Mempersiapkan peserta didik saat usia Golden Age (0-5 tahun), pada usia golden age harus diperhatikan kasih sayang dan asupan gizi terbaik agar bangsa ini terhindar dari lost generation (generasi yang hilang) atau generasi ter-rampas hak pendidikannya gara-gara gizi buruk.

* Membangun Sekolah dengan fasilitas lengkap, bangunan yang representative, lapangan olahraga yang memadai, perpustakaan, pelatihan seni budaya dan sebagainya

* Membangun sekolah unggulan berasrama dari sekolah menengah pertama sampai perguruan tinggi, yang diadakan di setiap provinsi.

* Membangun PKBM disetiap desa dan kelurahan, dalam rangka mengentaskan 3 buta (buta aksara, pengetahuan dasar, bahasa), membantu masyarakat dalam memecahkan persoalan yang dihadapi seperti peningkatan kualitas kerja (cara bercocok tanam yang baik, pemasaran suatu barang), membuat kerajinan tangan, pelatihan kerja dan masalah lainnya.

* Mengirim mahasiswa dan pelajar ke pusat pendidikan dunia, yang ada di Negara-negara maju untuk menyerap ilmu dan teknologinya, serta menerapkannya di Indonesia pada masa yang akan datang.

* Mengirim mahasiswa dan pelajar ke berbagai negara termasuk negara berkembang, dalam rangka mempelajari budaya setempat sehingga bangsa Indonesia mampu memahami karakteristik setiap bangsa dan negara di dunia dengan baik

* Membangun budaya riset dan pengembangan bagi pelajar dan mahasiswa

* Membangun budaya kompetisi dalam rangka meningkatkan kualitas peserta didik, misalnya menyelenggarakan olimpiade sains

Konsistensi dalam melaksanakan konsep serta komitmen setiap elemen bangsa, akan mempermudah jalan bagi kemajuan dan kejayaan bangsa, Ayo Bangkit Indonesia …!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: