Hari Bumi Sedunia, Earth Day 2008

Oleh Andi Gunawan

Hari Bumi Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 22 April, jadikan bumi tempat tinggal yang nyaman bagi manusia oleh karena itu kita wajib memelihara bumi dan lingkungannya.

Pada tulisan saya tanggal 20 April 2008 berjudul Sedekah Bumi dan Ruwat Bumi isinya merupakan suatu cara bagaimana bumi dalam hal ini tanah dijaga kesuburannya dalam rangka mengatasi kelangkaan pangan dan global warming (pemanasan global).

Bumi yang kita tempati memiliki sejarah panjang hampir sama dengan usia tata surya kita, yaitu sekitar 5 milyar tahun. Planet Bumi atau Planet Biru telah mengalami banyak hal ekstrim termasuk diantaranya bumi sangat panas pada masa pembentukannya, hujan meteor, zaman es, letusan gunung api super hingga hujan dan badai.

Pada Zaman Es (berakhir sekitar 10.000 tahun yang lalu), dimana bumi membeku selama berjuta tahun telah menyebabkan punahnya beribu jenis mahluk hidup khususnya ketika terjadi Toba Super Volcano, dan ketika es mencair membentuk komposisi daratan dan lautan yang hampir sama seperti sekarang.

Pada Zaman Es (era Pleistocene) telah terjadi letusan gunung api super Toba (Toba Super Volcano) di Sumatera Utara, sekitar tiga ribu kubik material dimuntahkan dari perut bumi telah menutupi sinar matahari menyebabkan suhu bumi turun 3 – 5 derajat Celcius. Dengan turunnya suhu bumi yang ekstrim banyak mahluk hidup tidak bertahan, menurut para analis manusia yang bertahan antara 1.000 sampai 10.000 orang.

Mahluk hidup yang ada hari ini termasuk manusia (homo sapiens) merupakan hasil dari seleksi alam, bertahannya manusia dalam seleksi alam tersebut adalah suatu hal yang patut disyukuri mengingat alam terkadang tidak bersahabat dengan mahluk hidup yang ada didalamnya.

Ketika alam yang tidak bersahabat dengan manusia misalnya saat badai, gempa bumi, gunung meletus, tsunami dan sebagainya, berarti musibah atau bencana bagi kelangsungan hidup manusia. Adanya bencana alam membuktikan kepada manusia, bahwa alam tidak membutuhkan manusia, oleh karenanya manusia harus pandai membaca isyarat alam agar selamat.

Manusia harus santun terhadap alam, kelangsungan hidup umat manusia bisa jadi tergantung pada kesantunan kita terhadap alam, kita harus membaca isyaratnya. Pemanasan global dan kelangkaan pangan adalah salah satu isyarat bagi manusia agar kita santun terhadap alam, merawat bumi (sedekah bumi) dengan cara memberi nutrisi pada bumi (tanah) adalah salah satunya.

Ingat kita hanya punya satu kesempatan dengan satu bumi yang kita tempati, yang dititipkan Tuhan untuk anak cucu kita.

12 Balasan ke Hari Bumi Sedunia, Earth Day 2008

  1. namakuananda mengatakan:

    Dimulai dari kita sendiri untuk menyelamatkan bumi.
    Planet ini udah tua, sebagian besar penghuninya hanya bisa mengambil keuntungan.
    Apa yang bisa kita berikan pada planet ini, bukan apa yang diberikan planet ini kepada kita. Bagaimana nasib anak cucu kita nanti.
    Salam kenal, Pak.

  2. Zulkifli Mile mengatakan:

    Pada dasarnya untuk mengantisipasi kian parahnya nih bumi yang kita pijak, ialah dengan menumbuhkan kesadaran kepada sesama, dengan menumbuhkan rasa saling menghormati antar sesama manusia, mencintai kekayaan alam yang dimiliki dan paling utama menumbuhkan rasa menghargai sesama makhluk hidup. Dengan demikian saya rasa, kita akan hidup dalam alam sadar, menjunjung tinggi nilai-nilai budi pekerti yang pada ujungnya menimbulkan kehati-hatian atas akibat fatal yang berefek negatif pada lingkungan akibat tindakan kita.

  3. marumpa mengatakan:

    Salam kenal pak. Mari kita jaga bumi dan isinya. Jangan menunggu. Menjaga bumi adalah ibadah. Perusak bumi adalah ….musuh bersama. Selamat berkreasi dalam rangka hari bumi.

  4. nenyok mengatakan:

    Salam
    Setuju, perlakukan bumi lebih santun, karena bisa jadi apa yang diberikan atau reaksi bumi kepada manusia justru karena aksi dan ulah yang dilakukan manusia kepada bumi.
    Btw lam kenal🙂
    http://nenyok.wordpress.com

  5. arya mengatakan:

    Salam kenal Pak!

    Saya adalah penggemar / Fans Blog Bapak, Visi dan Misinya hanya satu yakni ” menuju indonesia Bangkit ” Indonesia harus kuat, indonesia harus kuat, indonesia harus kuat…..

    Salurka ide2 bapak lewat blog, nnti aku akan kunjungi teruuuuuuuuuuuuuuuuuuuusss….

  6. simong mengatakan:

    kita diciptakan dan diberi tanggung jawab untuk mengelola bumi dengan sebaiknya untuk kesejahteraan kita. kita kita tak mempeerlakukan bumi ini dengan sebaiknya maka saat itu malapetaka mengintip kita. ad sebuah ungkapan yang pernah diungkapkan oleh guru SD saya : “engkau mesti ingat lingkungan sampai alpha lingkungan itu sumber malapetaka “. ungkapan ini terus saya pegang dan saya ajarkan juga kepada anak dididk saya. jika kita lalai akan tanggung jawab kita maka saat itulah akan berubah menjadi seperti monster yang akan menelan kita. eh iya , salam kenal pak.

  7. DensS cessario mengatakan:

    Wahahaha, Earth Day sih Earth Day, tapi tetep aja masih banyak yg bakar2 sampah di sekitar gw… :))

  8. iki mengatakan:

    menurut saya sangat wajib bukan kudu lgi untuk ada hari bumi sedunia memang harus ada mungkin tiap bulan. dan kalau mau penyuluhan harus dimulai dari rakyat yang kurang mampu, dari usia seak dini, mungkin sampai orang-orang kantoran

  9. kalau saya melihat, seluruh dinamika kehidupan akan terus mangalami kecacatan yang akan menghancurkan kehidupan itu sendiri, persoalannya adalah seberapa besar kita meakukan sesuatu untuk alam itu sendiri, terlepas dari itu semnua ada satu nilai yang paling fundamental yaitu gerakan politik lingkungan harus dibangun, ketika gerakan lingkungan hanya bersandar pada gerakan politik nilai maka kita akan banyak melakukan hal yang percuma, karena kebijakan eksploitasi, kebijakan penjulan hutan adalah keputusan keputusan politik suatu rezim, hancurkan rezim yang tidak berpihak kepada rakyat dan lingkungan hidup, bangun pemerintahan pro rakyat miskin dan ekologis.

  10. Student mengatakan:

    Memang dunia ini semakin tua dan menderita ya :)Semoga masih tetap lestari di kemudian hari, dan itu tergantung manusia yang hidup di atasnya

  11. Dr S Agus N , MM,MSi mengatakan:

    Dengan Hari Bumi Sedunia Hari :Jumat , Tanggal 22 April 2010 kita tingkatkan Penanaman Pohon Trembesi ,Selamat Buat Luna Maya dan PT Djarum Kudus atas partisipasinya dalam Global Warming , Mari Kita terus menanam 1 orang menanam 11 pohon Tks .Seruan ini disampaikan oleh Dr S AgusNurdijanto MM,MSi ; Direktur Lolombulan Envirotech Consultant – Konsultan Teknik -LIngkungan – Manajemen , Kepala Pusat Studi Lingkungan Hidup- PSLH Universitas Stikubank UNISBANK Semarang dan Ketua Forum Masyarakat Evaluator PemerhatiKesehatan Lingkungan Pati -FMEPKKL Pati .081390674753, 085714088898

  12. pulsa elektrik mengatakan:

    mudah2 dengan adanya hari bumi ini manusia menjadi lebih mampu dan arif dalam menjaga dan mengelola yang telah bumi sediakan untuk manusia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: