Blogger : Rakyat, Politisi dan Selebriti (Artis)

Oleh Andi Gunawan

Penilaian kepada blogger dari berbagai komunitas sangat beragam, blogger itu bodoh menurut Ahmad Dhani pentolan Dewa, kata Roy Suryo seorang pakar telematika Indonesia blogger itu pembohong, suka merusak dan mengacak-acak situs, , sedangkan menurut Mohammad Nuh Menteri Komunikasi dan Informatika, blogger itu bukan musuh tapi keluarga dalam mengembangkan dunia teknologi Informasi di Indonesia.

Blogger juga bagian dari rakyat, ia mewakili rakyat banyak dalam menyuarakan nuraninya dalam bentuk tulisan atau media lainnya agar di dengar dan diperhatikan oleh penguasa atau yang berkepentingan atas tulisannya itu. Gagasan yang disampaikan blogger dalam blog-nya bisa berupa pencerahan kepada pengunjung situsnya demi kemajuan bangsa dan negaranya atau bentuk keprihatinannya atas peristiwa yang mengenaskan dengan harapan bahwa kontribusinya dalam bentuk blog membawa perubahan. Bukankah suara rakyat adalah suara Tuhan, Vox Populi Vox Dei.

Blogger juga bisa seorang politisi, ia menuangkan gagasan atau idenya dalam bentuk blog untuk mempengaruhi pembacanya (pengunjungnya) agar menerima gagasan itu. Isi blog seorang politisi biasanya berhubungan dengan kekuasaan, seperti bagaimana meraih atau mempertahankan kekuasaan.

Fenomena blog politisi bisa kita amati pada komunitas blogger di Malaysia, mereka menggunakan blog sebagai alat politik untuk meraih suara di parlemen pada pilihan raya bulan Maret 2008. Kekuatan blog pada pilihan raya tersebut dapat diandalkan, ini terbukti perolehan kursi oposisi di parlemen Malaysia naik tajam dibanding pilihan raya sebelumnya. Kekuatan blog diakui pula oleh publik Malaysia, sebagai cara efektif menyuarakan berbagai macam gagasan ditengah konstelasi politik Malaysia yang belum bersahabat dengan kebebasan berpendapat di ruang publik.

Fenomena politisi Nge-blog di Indonesia telah menjadi bagian dari budaya pop masa kini, beberapa anggota DPR (parlemen) telah pula memiliki situs pribadinya, demikian juga dengan Bang Yusril Ihza Mahendra seorang politisi kawakan dan mantan menteri di empat era kepemimpinan yang berbeda.

Salah satu yang menarik dari blogger politisi adalah saat diluncurkannya situs Bang Akbar Tanjung, mantan Ketua DPR yang juga mantan Ketua Umum Partai Golkar dalam sebuah acara yang cukup meriah. Ini membuktikan bahwa blog menjadi sarana penting yang mempunyai keunggulan dalam menyampaikan pendapat.

Blogger juga bisa seorang selebriti atau artis, sebagai sarana dalam memberi informasi kepada penggemarnya atau dalam rangka mempertahankan keartisannya, memberi klarifikasi atas informasi yang dianggap merusak citranya sebagai artis. Contoh selebriti yang nge-blog adalah Dian Sastro Wardoyo, Titi Kamal, Camelia Malik dan sebagainya.

Blogger juga bisa jadi kombinasi diantara ketiganya, ia bisa jadi rakyat, politisi atau selebriti. Misalnya saja Dede Yusuf ia seorang artis dan politisi, bahkan dilain waktu ia bisa menjadi rakyat, saat tidak memegang jabatan misalnya.

Blogger juga bisa siapa saja, dalam blog-nya, ia bisa menyampaikan informasi yang positif bisa juga negatif dan salah, bisa juga menghujat atau apapun menurut kehendaknya, karena tidak ada larangan untuk itu dalam dunia maya, bahkan menurut Menkominfo “tidak ada pembreidelan blogger”. Ungkapan tersebut merupakan cuplikan dari Kompas Cyber Media tanggal 27/10/2008 seperti dibawah ini :

Penegasan ini diungkapkan Menteri Kominfo Moh Nuh saat membuka Pesta Blogger 2007, ajang pertemuan blogger se-Indonesia, di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu (27/10) siang. “Tak ada pembreidelan blogger. Bukan zamannya lagi ada pembatasan menulis dan berekspresi,” tandas Nuh, yang datang bersama Dirjen Aplikasi Telematika, Tjahjana Achmad.

Pada kesempatan itu pula Menkominfo mengharapkan keterlibatan blogger kreatif dan inovatif turut membangun bangsa dan Negara, cuplikannya di bawah ini :

Menurut Nuh, yang diperlukan dalam tulisan para blogger Indonesia adalah tulisan-tulisan yang mencerahkan. Anak-anak muda menentukan masa depan bangsa Indonesia. Jika anak-anak muda memiliki kesadaran membangun Indonesia yang lebih baik, nasib bangsa ini akan lebih baik. “Tanpa kesadaran itu, bangsa ini akan lenyap. Tapi saya yakin anak-anak muda Indonesia punya kemampuan luar biasa, kreatif dan inovatif,” tandasnya.

Informasi lainnya dari Kompas 7/04/08

“Blogger merupakan bagian dari keluarga kita, kita tumbuh bersama untuk mengembangkan dunia teknologi informasi di Indonesia,” kata Menkominfo dalam pertemuan dengan para blogger di kantor Depkominfo di Jakarta, Senin (7/4) malam.

Nuh mengungkapkan hal tersebut karena diminta ketegasan posisi pemerintah oleh para blogger yang hadir dalam acara tersebut, dalam permasalahan tuduhan dari pengamat telematika Roy Suryo yang menganggap blogger yang merusak dan mengacak-acak berbagai situs terutama situs partai Golkar. Nuh mendorong agar para blogger berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara.

“Kita mendorong agar blogger menjadi sebuah komunitas baru, yang menyebarluaskan fungsi edukasi, fungsi penguatan kepada masyarakat dan menyebarluaskan fungsi pencerahan yang dibingkai untuk mengembangkan nasionalisme bangsa. Kita ingin membuka kesempatan para blogger untuk memberikan kontribusi sekecil apapun. Kita berusaha untuk mengurangi dampak negatif,” tambah Nuh.

Akhirnya, dalam artikel ini saya berharap kita semua menjadi blogger yang bisa berbagi dalam memberi informasi postif dan mampu memberi pencerahan kepada siapapun pengunjung blog kita.

Maju terus blogger Indonesia, sampaikanlah informasi positif dan edukatif demi kemajuan bangsa dan Negara. Amiin …

7 Balasan ke Blogger : Rakyat, Politisi dan Selebriti (Artis)

  1. Okta Sihotang mengatakan:

    intinya, blogger tidak semuanya dan bahkan tidak ada yang jahat…

  2. salmanfaris mengatakan:

    wah2, tulisannya memang bagus2, semoga bisa bermanfaat..

  3. orangmiskin mengatakan:

    salam kenal…tulisannya bagus-bagus.. boleh di kutip ya..

  4. bloger bersatu,,,,piace ah

  5. zackline mengatakan:

    tetap netral broo!!! hati hati politisi busuk

  6. bintangcomp mengatakan:

    PESAN DARI SURGA BUAT PARA KORUPTOR

    Engkau menuliskan senandung nyanyianmu di atas wajah suci kaummu; lalu engkau membiusku dan perlahan-lahan merampas hartaku… seperti itulah yang dilakukan para koruptor…

    Demikianlah, negara ku kini menduduki peringakat 3 negara terkorup se-Asia Tenggara, dan aku lemas, lunglai tak berdaya di tengah melimpahnya kekayaan kita. Kalbuku mengerang kesakitan, ku meraung kepedihan menahan luka gores sayatan yang menggores batin ini oleh perselingkuhan orang kepercayaan.

    Dulu dalam fahamku, kau ku pilih karena kau orang yang tepat di posisimu, kau pengelola managemen dasyat dari segala kehebatan negeriku. Maka itu ku serahkan tanpa syarat semua kepadamu. Dengan maksud kita bersama-sama menyeberangi tepian bahagia menjadi bangsa bermartabat.

    Tapi kini, rencana janjimu adalah angin lalu, semua ucapan manis mu kau buang di ngarai hampa. Ketahuilah semua kepalsuan yang kau ucapkan, aku tak percaya lagi!! Aku tidak ingin bersama mu di pemilu 2009 mendatang.

    Semalam dua sebelum anggota KPK datang menjemput, aku mempersiapkan sepatah dua patah untuk kusampaikan kepadamu, namun engakau persiapan hanyalah persiapan, aku tak bisa melepas siratan hati karena penjagaan ketat garda polisi.

    Sekarang di antara persidangan hati sekalian, aku katakan kepadamu ” aku akan boikot pemilu tgl 5 april 2009, kami akan golput!!!” agar kau merasakan seperti apa luka yang kau berikan.

  7. dNoxs mengatakan:

    nyasar broo.. tapi bagus banget kok tulisannya..

    Top markotop😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: