Kebangkitan Nasional Indonesia dan Pengorbanan Bangsa Untuk Negaranya

Oleh Andi Gunawan

Ungkapan Presiden AS John F Kennedy sangatlah tepat untuk menggambarkan bagaimana dukungan rakyat atau bangsa kepada Negara sehingga tempat dimana ia bernaung dapat menjadi Negara maju dan sejahtera. Apa ungkapan itu???

Jangan kau tanya apa yang bisa diberikan Negara kepadaku, tapi tanyalah apa yang aku bisa berikan kepada Negara. Ungkapan tersebut menggambarkan bahwa rakyat atau bangsa dituntut pengorbananya oleh Negara dalam rangka memajukannya, apa yang harus aku berikan kepada Negara, pengorbanan apa sehingga Indonesia menjadi Negara maju dan sejahtera.

Pengorbanan untuk negara dalam bentuk dana atau karya nyata serta berguna sangat diharapkan dan bukan menggerogotinya dari berbagai jurusan, memperkaya diri sendiri dengan korupsi, cuek (masa bodoh) terhadap negara, mau maju atau hancur bukan menjadi urusannya, bahkan bila perlu menuntut negara, tidak peduli negara dalam kesusahan (seperti sekarang ini BBM naik, segala barang kebutuhan pokok naik, dan seterusnya).

Dengan kondisi itu rakyat atau bangsa ini akan dengan mudahnya menuntut berbagai kekurangan pemerintah (Negara) dengan cara berdemontrasi (bila perlu anarkis), atau menuntut pemerintahan mundur. Mereka tidak menyadari bahwa pertanyaan sesungguhnya apa yang telah kau berikan untuk negara sehingga persoalan yang ada tidak hanya bertumpu pada pemerintah yang (maaf) memang kurang mampu.

Pengorbanan rakyat atau bangsa kepada Negaranya adalah satu keharusan dan tidak bisa ditawar bagi kebangkitan nasional Indonesia, sebaliknya jika bangsa Indonesia melupakan pengorbanan bagi perjuangan menuju kebangkitannya tentu kita tidak bisa berharap banyak kebangkitan nasional akan segera bisa terwujud.

Ayo kita bangkit melaui perjuangan dan pengorbanan semaksimal kita dengan tenaga, dana dan karya , bersama kita bisa memajukan negara.

Satu Balasan ke Kebangkitan Nasional Indonesia dan Pengorbanan Bangsa Untuk Negaranya

  1. erensdh mengatakan:

    Mas, Andy, Kennedy bisa mengatakan demikian karena dia punya moralitas yang layak untuk itu. Dia mengatakan itu karena kedewasaan politik bagi negaranya. Singkatnya, Kennedy punya standar tunggal sebagai parameter gerak dirinya dalam berbuat bagi negara. Kalau kita, jauh dari itu. Kita punya standar ganda untuk negara Indonesia. Kita punya standar agama, kesukuan serta serta negara. Bagaiman itu bisa terwujud?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: