Indonesia Bersatu dan Maju : Hal Yang Menakjubkan

Hal yang sungguh menakjubkan dari bangsa Indonesia adalah bersatunya berbagai macam perbedaan dalam satu Negara. Indonesia memiliki ratusan suku bangsa, budaya, dan bahasa, beragam etnis, agama dan keyakinan yang berbeda-beda, dan menempati suatu kepulauan terbesar di dunia yang sambung menyambung menjadi satu dari Sabang sampai Merauke, suatu hal yang tidak banyak dimiliki oleh Negara-negara lain di dunia. Sungguh menakjubkan.

Perbedaan yang ada di Indonesia ini seperti mewakili beragamnya bangsa dan Negara di dunia. Namun hari ini Negara-negara dunia tengah dirundung banyak konflik baik yang disebabkan konflik internal (konflik antar suku dan konflik karena kekuasaan) maupun konflik eksternal yaitu konflik antar Negara, adanya standar ganda dari suatu Negara, kejahatan kemanusian (terorisme) dan sebagainya.

Contoh konflik dunia yang terus ber gejolak hingga hari ini (Maret 2008) adalah Palestina dan Israel, Lebanon (Hamas dan Israel), Irak, Afganistan, Kosovo, Kenya, Darfur (Sudan) dan sebagainya.

Mempersatukan banyaknya perbedaan tentu bukan perkara mudah, negara Indonesia pun tidak terlepas dari konflik atau benih-benih yang menjurus pada konflik baik horizontal maupun vertical yang disebabkan oleh factor internal maupun factor eksternal. Hal ini harus diwaspadai oleh pemerintah dan setiap elemen bangsa, persatuan bangsa adalah hal utama dalam menjaga stabilitas keamanan sehingga terselenggaranya pembangunan yang mengarah pada kemajuan Negara.

Kemampuan pemerintah, tokoh masyarakat, elemen bangsa dan rakyat secara keseluruhan dalam mempertahankan serta meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa merupakan suatu kesempatan bagi Indonesia untuk memberikan contoh terbaik kepada Negara-negara lain yang sedang konflik, sehingga persatuan menuju kedamain di dunia dapat segera terwujud. Amiin.

1 Responses to Indonesia Bersatu dan Maju : Hal Yang Menakjubkan

  1. ngobrolislami berkata:

    sebenarnya islam mempunyai pandangan yang lebih luas dari nasionalis
    kunjungi blog saya ya
    http://www.ngobrolislami.wordpress.com

    ferry

Tinggalkan komentar