Membangun Pusat Kesehatan Masyarakat Sampai Tingkat Desa

Oleh Andi Gunawan

Kesehatan merupakan anugrah Tuhan yang tidak ternilai harganya maka kewajiban kita untuk menjaganya, bila kita sehat maka kita akan mudah melakukan berbagai aktivitas sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Sedangkan bila kita sakit kita tidak mudah melakukan aktivitas sehingga produktivitas akan menurun, kondisi sakit selain merugikan diri sendiri juga merugikan orang lain, pekerjaan yang harus ditangani harus digantikan orang lain yang hasilnya tentu tidak sama bila kita menanganinya sendiri.

Isu kesehatan menjadi penting ditengah persaingan global yang menyesakan karena ketidaksiapan menghadapinya, penyakit jiwa dan mental bisa seiring dan sejalan dengan penyakit fisik akibat kemiskinan, lingkungan kotor dan kumuh, serta ketidakmampuan masyarakat untuk membiayai upaya kesehatan atau ongkos berobat pada waktu sakit.

Isu kesehatan tidak hanya menjadi konsusmsi dinegara miskin dan berkembang tetapi juga dinegara maju dan kaya, karena menyangkut produktivitas bangsa baik secara social maupun ekonomis, dan berpengaruh pada kemajuan sebuah negara.

Oleh karena itu peran pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat ketingkat optimal bahkan maksimal.

Upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan adalah dengan membangun pusat kesehatan masyarakat sampai ke tingkat desa. Pembangunan ini sangat penting karena bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan, memantau kecukupan gizi, mengkoordinasikan posyandu ditingkat desa, memberikan penyuluhan kesehatan dalam rangka mencegah berbagai macam penyakit dan meningkatkan kualitas kesehatan, dan memantau lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

Dengan upaya pembangunan kesehatan di atas, arti kesehatan yang sesungguhnya sesuai dengan Undang-Undang No.23 tahun 1992 tentang Kesehatan dapat terwujud, yaitu keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan orang hidup produktif secara social dan ekonomis.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: